Yuk Kurangi Sampah Plastik Dengan 3 Langkah Mudah Ini!

10
sampah-plastik

‘Kebersihan pangkal kesehatan’

Slogan ini sering kali kita dengar ketika sekolah dan sepertinya harus digalakkan kembali. Mengapa harus digalakkan kembali? Hal ini bisa kita lihat dari lingkungan sekitar kita, yang mana banyak sampah berkeliaran di mana-mana, baik itu di trotoar jalan, sungai, selokan dan beberapa tempat umum lainnya.

Saat ini Indonesia menjadi negara yang cukup memprihatinkan karena banyaknya sampah plastik yang berceceran di mana-mana. Jika ini tidak ditangani dengan baik, dikhawatirkan anak cucu kita nanti ke depannya tidak bisa merasakan kehidupan seperti sekarang ini.

Seperti kita ketahui, pengolahan sampah plastik memakan banyak waktu bahkan hingga ratusan tahun. Jika setiap 1 orang membuang 10 sampah plastik, maka berapa banyak sampah plastik yang dibuang oleh penduduk Indonesia ?

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada baiknya kita sebagai manusia mengetahui hal apa saja yang harus kita lakukan untuk menyelamatkan bumi yang kita cintai ini. Adapun hal yang bisa kita lakukan diantaranya :

1. Membawa Tas Belanja dari Rumah

Percaya atau tidak setiap kita berbelanja di warung ataupun pasar tentunya kita akan diberikan plastik untuk memudahkan kita membawa barang-barang yang kita beli.

Namun, jika hal ini terus berlanjut dan tidak kita lakukan penanganan yang tepat maka secara tidak langsung akan banyak pencemaran lingkungan di sekitar kita.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebelum kamu pergi berbelanja kamu bisa membawa keranjang atau tas belanja dari rumah.

2. Membawa Botol Minuman dari Rumah

Ketika kamu membeli minuman di luar tentunya kamu diberikan gelas dari plastik bukan? Nah mulai sekarang yuk coba kita rubah dengan membawa gelas plastik dari rumah atau membawa botol minuman dari rumah.

3.Mengganti Sterofoam Dengan Wadah yang Lain

Ketika kamu membeli makanan di luar tentunya kamu mendapatkan sterofoam bukan? Biasanya wadah ini diberikan penjualnya sebagai wadah makanan yang kamu beli.

Nah mulai sekarang untuk kamu yang berjualan, cobalah kamu gunakan daun pisang atau daun jati. Selain untuk menghemat pengeluaran, dengan memanfaatkan daun sebagai pembungkus makanan dapat memberikan aroma yang khas.

Sedangkan bagi kamu yang posisinya menjadi pembeli, kamu bisa kok membawa wadah makan dari rumah. Selain higienis, hal ini juga membuat ramah lingkungan.

Nah itu dia beberapa hal yang harusnya bisa kita lakukan dari sekarang untuk menyelamatkan bumi kita. Jika kita tidak peduli dengan keadaan lingkungan sekitar kita, beberapa kerusakan alam dan penyakit akan datang menghampiri kita. Semoga bermanfaat.