Yamaha Akan Mampu Bersaing di 2019 Nanti? Ini Kata Marquez

24
Maverick Vinales M1 2019 dengan Motor Yamaha

Tahun 2019 merupakan awal yang baik untuk merk Yamaha, karena menurut Marc Marquez brand tersebut akan bisa terus berkembang dan berinovasi sehingga persaingan tahun depan pun dapat dilakukan. MotoGP 2019 diharapkan menjadi awal yang baik untuk Yamaha, meskipun pada kenyataannya Marquez sendiri masih memiliki rival yaitu Ducati terutama dalam beberapa waktu terakhir.

Gelar juara memang merupakan pencapaian yang sulit untuk semua rider, meskipun kenyataannya ada beberapa pelaku paling dominan. Sebut saja Andrea Dovizioso yang mulai dapat mengejar rider Hondap Repsol tersebut. Dovizioso sendiri pada tahun 2017 benar-benar merapat ke Marquez sehingga persaingan pun makin ketat.

Dua musim terakhir, persaingan antar keduanya semakin membuat pecinta MotoGP bersemangat. Apalagi pada seri terakhir, banyak kejutan-kejutan yang diluncurkan oleh para rider. Meskipun demikian, ada merk yang masih terkapar di urutan bawah yaitu Yamaha.

Namun, hibernasi kemenangan yang menimpa Yamaha mendapat kemudahan setelah Maverick Vinales dapat menyabet gelar juara pada bulan Oktober lalu di Seri Australia. Musim paling berat yang dialami oleh Yamaha adalah ketika sepanjang tahun tidak ada satu gelar juara pun diperoleh. Tentu hal inilah yang disebut “kekeringan” dalam dunia MotoGP.

Berdasarkan urutannya, di musim terburuk itu Marquez berada di urutan teratas, disusul Dovizioso di bawahnya pada urutan ke dua. Vinales harus rela bertengger di posisi nomor 4 karena kurang dapat mencapai finish di awal waktu.

Kegagalan kembali terjadi ketika race di Postseason Test. Rossi tidak berhasil untuk mendapatkan nilai tinggi sehingga gagal menang. Namun, meskipun demikian ada juga kabar gembira yang disampaikan oleh Vinales, dimana rider professional tersebut mengatakan bahwa M1 punya harapan besar untuk dapat berkompetisi secara lebih maksimal ke depannya.

Jadi, Yamaha dianggap mampu dalam persaingan di masa depan oleh Marquez. Namun, bukan berarti bahwa ia yakin bahwa Yamaha bisa menjadi juara, karena ketika ingin bersaing secara kompetitif saja sudah banyak halangan serta tantangan yang harus dilawan.

Hasil dari para rider Yamaha seperti Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo yang menjulang membuat kemungkinan untuk bisa bersaing makin tinggi. Apalagi ketika Morbidelli hanya terpaut hitungan seper sekian detik, tepatnya  0,148 detik jika dibandingkan dengan Marquez ketika melakukan uji coba. Sedangkan secara overall, permainan di Jerez menghasilkan waktu hanya kurang dari 0,1 detik tepatnya di Valencia.

Marquez menjelaskan tentang Ducati yang memiliki kelengkapan, namun Yamaha pun memiliki kemungkinan untuk mengejar. Jadi, Marquez menyimpulkan bahwa Yamaha akan bisa bersaing di tahun 2019 mendatang setelah mengalami lika liku cukup berat di dunia MotoGP yang penuh kejutan.