Wow, Inilah 5 Petinju Paling Tinggi Sepanjang Sejarah Tinju!

135

Olahraga tinju memang selalu identik dengan tubuh yang tinggi, besar, dan atletis. Namun bukan hanya sekedar tinggi, para petinju di bawah ini justru menjadi petinju paling tinggi sepanjang sejarah tinju. Berikut adalah 5 petinju paling tinggi tersebut:

1. Gogea Mitu

Gogea Mitu adalah pemain tinju asal Rumania. Pria yang lahir pada tanggal 14 Juli 1914 di Rumania ini bahkan berhasil dinobatkan sebagai petnju paling tinggi di Rumania dan seluruh dunia dalam Guinness Book of Records dengan tinggi badan mencapai 2,42 m.

Meskipun hanya melakukan laga tinju profesional sebanyak 2 kali, namun namanya cukup dikenal karena fisiknya yang begitu tinggi. Pertandingan tinju yang ia lakukan dalam kelas heavyweight itu juga selalu berakhir dengan kemenangan. Mitu akhirnya meninggal akibat TBC pada tanggal 22 Juni 1936.

2. John Rankin

John Rankin adalah petinju tertinggi di dunia setelah Mitu. Petinju yang berada di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat ini memiliki tinggi 2,2 m. Pria yang bermain dalam kelas heavyweight ini hanya bertarung satu kali di tempat asalnya dan berhasil menang pada ronde keempat.

3. Jim Cully 

Pria kelahiran Irlandia ini menjadi petinju paling tinggi ketiga dalam sejarah tinju. Lahir pada tanggal 1 Januari 1922 dan wafat pada tanggal 1 Januari 1981, Jim Cully bertarung dalam kelas heavyweight.

Walaupun badannya jauh lebih tinggi dan besar dibandingkan dengan lawan-lawannya, pria dengan tinggi 2,18 m ini tidak pernah meraih sukses karena penyakit yang dialaminya sejak memulai debutnya pada tanggal 4 April 1942.

4. Julius Long

Julius Long adalah petinju asal New Zealand, Amerika. Petinju dengan tinggi badan 2,16 m ini memulai karirnya pada tanggal 17 Januari 2001. Pria yang telah melakukan 40 pertandingan tinju ini juga tidak memiliki karir yang terlalu bagus, ia hanya memiliki persentase 35% menang KO dalam semua pertandingannya.

Salah satu pertandingan yang cukup heboh adalah ketika pria dengan julukan Towering Inferno ini bertanding melawan Peter Graham dalam merebut gelar juara WBF World Heavyweight. Saat itu, Graham mendapatkan luka di bagian kepala pada awal pertandingan dan Long menyebabkan luka semakin terbuka. Hal ini menyebabkan Graham menang berdasarkan Keputusan Poin.

5. Nikolai Valuev

Pria dengan nama lengkap Nikolai Sergeyevich Valuev adalah petinju yang berasal dari Rusia. Dengan tinggi badan 2,1 m, Nikolai mendapat julukan Sang Raksasa dari Rusia juga Si Buas dari Timur.

Pria yang lahir pada tanggal 21 agustus 1973 ini memiliki 53 pertandingan dengan kemenangan 50 kali, kalah 2 kali, dan tanpa kontes 1 kali.

Meskipun kelima petinju tersebut memiliki badna yang sangat tinggi dan besar, namun pada kenyataannya prestasi mereka juga tidak selalu baik seperti petinju terkenal lainnya. Kemampuan dan latihan yang rutin memang menjadi kunci utama untuk menjadi yang terbaik.