WFH Tidak Melulu Menyenangkan, Ini Alasannya!

23

Adanya pandemi Covid-19 yang terjadi di berbagai belahan dunia, membuat aktivitas sehari – hari menjadi tidak bekerja seperti semestinya.

Termasuk aktivitas masyarakat Indonesia. Penyebaran virus corona yang semakin masif membuat aktivitas yang biasa dilakukan di luar rumah, di batasi, termasuk mereka yang terbiasa mencari penghasilan di luar rumah. 

Pemberlakuan untuk melakukan kegiatan di rumah aja banyak membuat perusahaan besar atau menengah menerapkan sistem Work From Home atau WFH. Oleh karena itu, karyawan diwajibkan untuk mengerjakan pekerjaan dari rumah dan tetap update dengan perkembangan perusahaan.

Namun, ada beberapa alasan mengapa melakukan WFH tidak selamanya menyenangkan. Meskipun tidak harus bangun lebih pagi seperti biasanya, kenyataan – kenyataan di bawah ini mungkin dirasakan oleh mereka yang melaksanakan Work From Home. 

Berikut ini beberapa alasan mengapa WFH tidak melulu menyenangkan. Simak selengkapnya dibawah ini ya.

  • Situasi Lingkungan Rumah yang Tidak Sepenuhnya Mendukung

Alasan pertama mengapa WFH tidak selalu menyenangkan adalah adanya situasi dimana lingkungan di rumah kadang tidak mendukung.

Perbedaan lingkungan akan selalu memberi pengaruh terhadap tingkat produktivitas dan kinerja seseorang. Dan bila melakukan kerja dari rumah, akan ada banyak gangguan yang terjadi sehingga membuat kita tidak fokus. 

Bisa saja dari keluarga, urusan membersihkan rumah, dan hal – hal lain yang membuat fokus kita hilang. Karena situasi di kantor teramat sangat berbeda dengan kondisi dirumah. 

Bila di kantor kita hanya bertemu dengan teman atau bos kantor yang tidak memiliki hubungan darah, kalau di rumah, tidak mungkin kita bisa menolak dengan mudah bila ada keluarga yang meminta bantuan, bukan begitu?

  • Keberadaan Fasilitas yang Tidak Memadai

Alasan yang kedua adalah fasilitas yang ada di rumah tidak mungkin selengkap fasilitas yang ada di kantor. Ada beberapa kasus dimana orang tidak memiliki fasilitas yang dimiliki orang lain. Seperti komputer, printer, hingga memasang Wi-Fi. 

Kurangnya fasilitas di rumah akan membuat kinerja menjadi menurun dan tidak maksimal. Terlebih, kita bisa saja terpaksa bekerja lebih keras karena kurangnya fasilitas yang ada di rumah.

Sebagian dari pekerja mungkin saja juga tidak memiliki ruang kerja tersendiri di rumah. Oleh karena itu, karyawan juga harus pintar mencari tempat yang pas agar kinerja dan fokus tetap terjaga.

  • Banyak Godaan untuk Rebahan

Karena yang kita pahami adalah rumah dimana kita melepas lelah dan beristirahat. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin banyak karyawan yang melakukan WFH mendapat banyak godaan untuk rebahan dan bermalas malasan.

Oleh karena itu, haruslah pintar membagi waktu dan menyesuaikan diri seperti saat bekerja di kantor. Hal ini agar memudahkan kita untuk tetap bekerja seperti semestinya.

  • Sulit Membagi Pekerjaan Kantor dan Rumah

Untuk wanita karir yang sudah berkeluarga dan memiliki anak,  biasanya menjadi rumit ketika harus membagi waktu antara pekerjaan kantor dan rumah. 

Work From Home membuat beberapa wanita karir yang belum terbiasa 

WFH biasanya kesulitan membagi peran sebagai istri dan karyawan. Karena tidak adanya jarak antara pekerjaan rumah dan pekerjaan kantor, mau gak mau bisa menghasilkan masalah kecil menjadi besar yang pada akhirnya harus diselesaikan secara bersamaan.

  • Lemahnya Motivasi

Terakhir adalah kurangnya motivasi. Hal ini dikarenakan kendurnya pengawasan yang biasanya kita dapatkan ketika berada di kantor. Dan biasanya waktu kerja terbalik, dimana siang hari bersantai dan malam hari baru mulai bekerja. Sehingga biasanya pekerjaan menjadi lebih berat karena hilangnya semangat.

Nah itu dia tadi beberapa alasan mengapa WFH tidak selalu menyenangkan.