Waspadai! Inilah 5 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

51

Sakit kepala jelas pernah dirasakan semua kalangan, entah itu kalangan anak muda hingga kalangan orang tua. Dalam artian sakit kepala tidak memandang usai ketika akan terjadi pada seseorang.

Sakit kepala bisa terjadi di semua sisi kepala. Baik itu sakit kepala yang dirasakan menyeluruh di kepala, hingga yang dirasakan hanya sebelah kiri saja. Sakit kepala sebelah kiri yang mungkin anda rasakan bisa terjadi karena hal berikut ini.

Penyebab sakit kepala sebelah kiri, diantaranya yakni sebagai berikut ini:

1.Faktor gaya hidup

Tanpa anda sadari, kebiasaan yang dilakukan sehari-hari bisa menjadi penyebab terjadinya sakit kepala sebelah kiri. Apa saja yang termasuk faktor hidup dan bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kiri tersebut. Berikut gaya hidup yang dimaksudkan:

  • Minuman keras – Merupakan salah satu gaya hidup yang kurang baik, bahkan menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri. Hal tersebut dikarenakan adanya pelebaran pembuluh darah di kepala maka dari itu sakit kepala sebelah kerap terjadi.
  • Makan kurang teratur – Ketika sering melewatkan jam makan, hal tersebut bisa membuat gula darah menurun drastis. Maka dari itu otak tidak berfungsi dengan optimal dan bisa menyebabkan sakit kepala sebelah.
  • Kurang tidur – Ketika kurang tidur, maka hormon stress kortisol akan meningkat serta menyebabkan sakit kepala.

2. Mengalami infeksi maupun alergi

Ketika mengalami pilek maupun flu, hal tersebut bisa menyebabkan sakit kepala sebelah. Kemudian ketika mengalami alergi juga sering kali menyebabkan sakit kepala sebelah kiri. Hal tersebut terjadi secara otomatis karena sinus menyempit.

3. Keseringan meminum obat pereda nyeri

Sekalipun pada awalnya untuk menghilangkan nyeri, namun ketika keseringan mengkonsumsi obat nyeri bisa membuat sakit kepala sebelah kiri. Hal tersebut terjadi karena dosis obat yang dikonsumsi terlalu tinggi dan berlangsung lebih lama.

Maka dari itu lebih baik mengkonsumsi obat nyeri sesuai dengan dosis dan saran dokter guna tidak mengalami gangguan lainnya di dalam tubuh anda.

4. Glaukoma

Yakni merupakan peningkatan tekanan di dalam bola mata yang mana bisa memicu sakit kepala sebelah secara luar biasa nyeri yang terjadi. Namun sakit kepala yang terjadi bisa juga di kedua sisi kepala.

5. Tumor otak

Tumor otak juga menjadi salah satu penyebab sakit kepala sebelah, hanya saja nyeri yang dirasakan sangat luar biasa. Bila mengalami rasa nyeri luar biasa, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter guna mengetahui sakit kepala tersebut, apakah berkaitan dengan penyakit dalam atau hanya efek dari pola hidup kurang sehat saja.

Dari penjelasan yang sudah diberikan, diharapkan anda paham apa yang menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri. Ada baiknya juga bila sakit kepala yang dialami terasa sakit begitu parah, segera menghubungi dokter guna mendapatkan perawatan atau mendapatkan obat yang sesuai dosis.