Waspadai Bahaya Ban Mobil Benjol Di Samping

15

Saat anda sedang berkendara, mungkin anda pernah mengalami mobil anda terasa bergoyang-goyang yang tidak biasanya.

Hal ini tentu akan membuat anda merasa tidak nyaman dalam berkendara dan tentu anda bertanya-tanya dan bingung bagaimana ini bisa terjadi. Anda pasti akan memutuskan untuk berhenti di tepi jalan dan mengecek kondisi ban mobil anda.

Perhatikan ban mobil anda, bisa jadi ban mobil anda terdapat sebuah benjolan sehingga membuat mobil anda bergoyang-goyang. Ban yang terdapat benjolan jika dibiarkan begitu saja akan membahayakan bagi anda yang berkendara tentunya.

Sebelum membahas bahaya apa saja yang ditimbulkan jika ban mobil benjol, mari kita simak terlebih dahulu apa penyebab ban mobil anda bisa mengalami benjol sebagai berikut ini.

Ban yang mengalami benjolan umumnya terjadi di bagian samping atau bagian lainnya. Hal ini disebabkan masuknya udara di antara kedua lapisan pembentuk ban. Udara yang masuk ini akan berkembang saat digunakan untuk berjalan.

Kemudian ban akan terkena panas dari gesekan secara langsung sehingga membuat udara yang ada dalam ban menjadi mengembang. Dan pada lapisan yang mengembang itulah ban mengalami benjolan.

Selain itu, ada penyebab lain dari benjolnya ban mobil seperti dari proses produksi ban yang tidak mengalami ketelitian, atau bahkan disebabkan oleh pengisian angin ban dengan tekanan yang berlebihan, dan bisa juga disebabkan karena ban kurang tekanan saat beban berlebihan.

Penyebab umumnya biasanya disebabkan oleh adanya benturan atau bahkan terkena batu dan paku saat sedang berada dijalan.

Adanya benjolan pada ban akan terasa saat anda sedang mengendarai mobil anda saat berada di jalan yang halus. Saat anda melaju kencang dan terasa seperti bergoyang-goyang maka itu artinya ada yang tidak beres dengan ban mobil anda.

Hal ini tidak bisa dibiarkan. Ban yang mengalami benjolan harus segera diatasi. Selain karena mengganggu kenyamanan pengendara dan penumpangnya, disisi lain hal ini juga bisa mengancam keselamatan anda selama berkendara.

Meski terlihat biasa, namun ban yang benjol sangat membahayakan bagi anda yang berpergian jauh. Untuk itu, sebelum berkendara setidaknya anda selalu melakukan pemeriksaan dan pengecekan rutin terhadap ban mobil anda.

Penting juga bagi anda menjaga tekanan angin ban sebelum berpergian. Hal ini dikarenakan ban yang sudah kemps tidak akan bekerja secara optimal, justru hanya akan membuatnya cepat rusak.

Itulah tadi pembahasan mengenai penyebab ban mobil benjol dan bahaya yang ditimbulkannya. Dengan ini semoga anda semua selalu melakukan pemeriksaan rutin terhadap kendaraan roda empat anda agar perjalanan anda juga menjadi lebih nyaman dan selamat sampai tujuan.

Karena melakukan pemeriksaan rutin sebelum berkendara lebih penting dibandingkan dengan melakukan perbaikan setelah terjadinya masalah pada ban mobil anda.