Wakil Kemeunkeu Dilantik Sebagai Anggota ADK OJK Ex-Officio

17

Jakarta, 13 Januari 2020 Suahasil Nazara sebagai wakil menteri Keuangan hari ini, Senin 13 Januari 2020  menjalani proses pelantikan untuk menjadi anggota  ADK OJK  yaitu Anggota Dewan  Komisioner  Otoritas Jasa Keuangan Ex-Officio dari Kementerian Keuangan. Proses pelantikan dilakukan oleh Muhammad Hatta Ali selaku Ketua Mahkamah Agung  berlangsung di gedung Mahkamah Agung, Jakarta.

Proses pelantikan dilaksanakan sesuai keputusan Presiden RI dengan nomor 142/P tanggal 23 Desember 2019. Berdasarkan putusan ini maka secara resmi pemerintah dengan rasa hormat telah memberhentikan Masdiasmo atas masa jabatan yang telah habis. Terpilihnya Suahasil menjadikannya memiliki beban tugas baru yang harus dijalankan dengan sebaik mungkin.

Suahasil sesuai dengan sumpahnya menyebutkan bahwa dia berjanji akan melaksanakan kewajiban dan tugas yang dibebankan kepadanya sebagai anggota Dewan Komisioner OJK Ex-Officio dengan sebaik-baiknya. Dengan masuknya Suahasil maka kini personel Dewan Komisioner OJK sudah bertambah menjadi 9 orang. Terdiri atas dua Anggota Dewan  Komisioner  Ex-Officio Bank Indonesia dan Kementerian keuangan serta tujuh Anggota Dewan  Komisioner  hasil seleksi panitia.

Sebelumnya Dody Budi Waluyo ditunjuk oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai anggota dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan ex-officio Bank Indonesia dan sudah menjalani proses pelantikan tahun lalu pada tanggal 25 September berlangsung di Mahkamah Agung Republik Indonesia. Dody Budi Waluyo sendiri telah memiliki jabatan ini selama kurang lebih 3 bulan.

Pelantikan dihadiri oleh sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Bank Indonesia, jajaran  pejabat Menteri Keuangan, jajaran pejabat OJK  serta anggota dewan Komisioner OJK dan yang lainnya yang ikut hadir saat pelantikan Suahasil.

Seperti yang telah disebutkan bahwa kini sudah 9 orang bagian dari dewan Komisioner.  Lebih jelasnya, di bawah ini ada nama sesuai jabatan susunan jajaran anggota Dewan Komisioner OJK.

  1. Wimboh Santoso sebagai ketua.
  2. Nurhaida sebagai wakil ketua.
  3. Heru Kristiyana sebagai Anggota Dewan Komisioner atau Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan.
  4. Hoesen sebagai kepala eksekutif pengawas pasar modal.
  5. Riswinandi sebagai kepala eksekutif pengawas industrI keuangan non bank.
  6. Ahmad Hidayat sebagai Ketua dewan audit.
  7. Tirta Segara sebagai anggota dewan Komisioner di bidang edukasi serta perlindungan konsumen.
  8. Dody Budi Waluyo sebagai anggota dewan Komisioner OJK ex-Officio Bank Indonesia.
  9. Suahasil Nazara sebagai anggota dewan Komisioner OJK ex-officio Kementerian Keuangan.

Nah, inilah jajaran beserta tingkatan anggota dewan komisioner OJK yang sudah berjumlah 9 orang setelah Suahasil Nazara bergabung dalam ADK OJK ex-officio.