Wajib Tahu! SBMPTN 2019 Memiliki Peraturan Berbeda, Ini Detailnya!

93

Tahun 2019 menjadi tahun yang beda dan baru dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri. sistem seleksi yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau Menrisdikti, Mohammad Nasir mengatakan saat live melalui akun twitter Sekretariat SBMPTN, mengenai pada tahun 2019 akan adanya perubahan sistem dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Siaran langsung seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2019

Perubahan ini dilakukan menimbang pelaksanaan seleksi pada tahun-tahun sebelumnya ditemukan banyak bias yang menyebabkan kurangnya rasa keadilan dalam mengikuti pelaksanaan seleksi masuk perguruan tinggi negeri dan juga pada tahun sebelumnya banyak ditemukan nilai ataupun score yang hampir sama membuat sulitnya memverifikasi siapa yang lebih unggul didalam test tersebut.

Salah satu jalur PTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). SBMPTN memiliki daya tampung minimal 40% dari daya tampung setiap program studi di PTN.

Dengan adanya kebijakan SMPTN baru, SBMPTN tahun depan pun memiliki beberapa aturan baru. Yaitu:

  1. Test dulu baru memilih

Perbedaan yang paling mencolok yaitu terletak pada sistem test ataupun seleksinya. jika pada tahun-tahun sebelumnya peserta memilih terlebih dahulu program studi yang ia inginkan barulah diadakan test masuk perguruan tinggi negeri. namun pada tahun 2019 sistemnya berbeda, para peserta akan melakukan test dahulu agar nilainya benar-benar sesuai sehingga ia bisa memilih program studi yang ia hendaki.

SBMPTN 2019
2. Ujian Berbasis Komputer

Pada tahun 2019 ujian SBMPTN akan dilaksanakan menggunakan sistem berbasis komputer. Pada pelaksanaan SBMPTN 2019 hanya ada satu metode tes yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK.

Penyelenggaran SBMPTN 2019 menggunakan satu metode tes yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), sehingga metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) ditiadakan. UTBK berbasis android sementara belum diterapkan, karena masih dalam proses pengembangan aplikasi. Tetapi UTBK berbasis android ini akan menjadi prospek kerja kedepan dalam SBMPTN.

Ujian berbasis komputer
3. Kesempatan Test

Setiap peserta diberi kesempatan mengikuti tes maksimal 2 kali. mengenai waktu pelaksanaannya, jika dahulu peserta hanya diberi kesempatan mengikuti ujian SBMPTN hanya sekali, tahun 2019 peserta diberi kesempatan dua kali mengikuti seleksi. hal ini bertujuan untuk mendapatkan para calon generasi muda yang baik.

Hari pelaksanaan ujian SBMPTN tahun 2019 juga berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya hanya dilaksanakan dalam sehari, SBMPTN tahun 2019 akan dilaksanakan sebanyak 24 kali dalam kurun waktu tertentu.

4. Hasil Test

Hasil tes akan diberikan secara individu kepada setiap peserta seleksi ujian masuk perguruan tinggi negeri. Ravik Karsidi selaku ketua LTMPT, mengatakan pelaksanaan ujian seleksi masuk perguruan tinggi akan dilakukan dalam beberapa kali dan hasil ujian seleksi akan diinformasikan secara individu kepada peserta dan PTN tujuan. “Pelaksanaannya dilakukan 24 kali dalam satu tahun, sepanjang periode Maret hingga Juni,” kata Ravik.

Ravik menambahkan, setiap masing-masing PTN akan menentukan sendiri batas nilai-nilainya pada SBMPTN 2019. Yang menjadi perbedaannya ialah peserta yang memiliki kriteria khusus atau indeks prestasinya. “Untuk tahun depan akan diikuti 85 PTN dan dilakukan di daerah masing-masing,” kata Ravik.

5. Tidak ada panitia seleksi

Pada tahun 2019 seleksi masuk perguruan tinggi tidak lagi diakomodir oleh panitia seleksi melainkan sebuah lembaga atau institusi. Pelaksanaannya, dilakukan oleh institusi bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT yang merupakan lembaga nirlaba.

6. Dua Jenis Test

Peserta SBMPTN 2019 akan dihadapkan pada dua jenis tes, yang pertama tes potensial skolastik (TPS) yang tujuannya untuk mengukur kemampuan penalaran dan tigkat pemahaman umum. Tes skolastik ini dianggap penting dalam memperoleh keberhasilan pendidikan formal. Yang kedua tes potensi akademik.

Bagi kamu yang memiliki minat mengambil jurusan seni ataupun olahraga bersiaplah karena ada pergantian dalam sistem ujian nanti. Jika sebelumnya ujian dalam bentuk unjuk keterampilan, kali ini peserta hanya perlu menjalani seleksi portofolio untuk ujian SBMPTN 2019.

Tahun 2019 sudah semakin dekat. Nah, bagi kamu yang duduk dibangku kelas 12, sebaiknya sudah mempersiapkan diri dari sekarang, sehingga bisa mengerjakan test dengan optimal.