Wajib Tahu! Inilah Manfaat Tempe Untuk Ambeien

317

Ambeien atau penyakit wasir ini merupakan penyakit yang dimana terdapat pembuluh darah vena yang membengkak dan meradang di bagian dalam anus sehingga membentuk benjolan. Ambeien ini disebabkan karena seseorang mengejan terlalu keras saat sedang buang air besar. Tekanan yang terlalu banyak pada rectum dan anus ini membuat pembuluh darah dalam anus pada akhirnya mengalami pembengkakan dan terjadilah ambeien.

Ada satu jenis biji-bijian yang enak dikonsumsi dan cocok bagi penderita ambeien, yakni adalah tempe/ tempe adalah makanan yang sudah mendarah daging di maryarakat Indonesia. Tempe merupakan fermentasi dari kacang kedelai, meski berdampingan dengan tahu, namun tempe inilah yang memiliki struktur berbeda dari tahu.

Tempe bisa anda temukan dimana saja sehingga anda mudah mencarinya. Tempe juga dijual dengan harga murah sehingga siapapun bisa membeli dan mengkonsumsinya.

Tahukah anda bahwa tempe merupakan makanan tradisional khas Indonesia yang sederhana namun sangat banyak manfaatnya seperti memiliki sumber protein yang lebih tinggi dibandingkan daging, sumber kalsium yang setara dengan susu sapi, sumber vitamin B12 dari nabati dan selain itu tempe juga sebagai antioksidan dalam tubuh.

Selain itu, tempe sangat baik dikonsumsi pada penderita ambeien. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan tempe termasuk makanan yang berserat dan termasuk dalam kacang-kacangan yang dapat membantu melancarkan buang air besar seperti para penderita ambeien/wasir dan sembelit.

Tempe sangat bermanfaat bagi penderita ambeien seperti berikut ini:

  • Mengurangi pembengkakan di bagian yang terkena ambeien.
  • Tempe merupakan hasil germentasi dari kacang kedelai yang membuat siapa saja yang mengkonsumsinya mudah mencerna sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan dan kotoran keluar lebih mudah tanpa harus mengejan terlalu keras.

Ambeien ini bisa dialami siapa saja baik kalangan anak-anak maupun kalangan orang dewasa. Ambeien tentu sangat mengganggu penderitanya karena akan membuat penderita ambeien sulit duduk dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Ambeien bisa disebabkan karena beberapa hal seperti berikut ini:

  • Terlalu lama duduk
  • Diare
  • Sembelit kronis
  • Kurang serat
  • Obesitas
  • Hamil

Meski demikian, terkadang seseorang tidak menyadari bahwa dirinya menderita ambeien. Namun, anda dapat mengetahui gejala ambeien jika:

  • Adanya darah keluar saat buang air besar (BAB)
  • Terasa adanya benjolan di dalam anus
  • Adanya rasa sakit di bagian anus

Ambeien memang penyakit ringan, namun anda tetap harus mengatasinya dengan maksimal. Ambeien tidak bisa didiamkan begitu saja karena akan menggangu aktivitas penderitanya.

Untuk mengatasi ambeien, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Anda bisa mencoba pengobatan medis ataupun dengan pengobatan tradisional.

Itulah penjelasan tentang manfaat tempe untuk ambeien, penting bagi anda menjaga pola hidup sehat dan makan-makanan bergizi. Mencegah lebih baik daripada mengobati, semoga bermanfaat!