Vokalis Roxette Meninggal, Dunia Musik Berduka

59
Marie Fredriksson, vokalis Roxette meninggal dunia. Foto: Getty Images

Vokalis Roxette, Marie Fredriksson meninggal di usia 61 tahun pada Senin, 9 Desember 2019. Marie meningggal dunia akibat komplikasi dari kanker otak yang telah ia derita selama 17 tahun.

Sang agensi, Dimberg Jernberg menceritakan tentang bagaimana Marie meninggal. Marie sebenarnya sempat menjalani pengobatan intensif dan dinyatakan sembuh. Namun ia harus mengalami buta pada mata sebelah kananya akibat pengobatan tersebut.

Ia pun sempat kehilangan kemampuan berbicaranya hingga akhirnya ahli kesehatan yang menanganinya menyarankan agar ia menghentikan turnya lagi. Tur terakhir Roxette dilaksanakan di Cape Town, Afrika Selatan, 8 Februari 2016. Wanita yang terkenal dengan lagu “It Must Have Been Love” ini memang seorang wanita luar biasa.

“Maria meninggalkan warisan musik yang luar biasa untuk kita. Suaranya yang mengagumkan, kuat, dan sensitif di saat bersamaan, dan penampilan panggung yang magis akan terus diingat oleh kita yang cukup beruntung pernah menyaksikannya,” ujar Dimberg. “Namun, kita juga akan mengingat pribadi cantik dengan semangat hidup besar, seorang perempuan berhati besar yang peduli pada siapapun yang ia temui.” lanjutnya.

Ia dilahirkan di keluarga yang sederhana. Pekerjaan ayah dan ibunya sebagai tukang pos dan buruh pabrik membuatnya kurang diperhatikan sejak kecil. Namun ia mendapatkan perhatian lain dari teman-teman dan gereja.

“Tiap sekolah minggu, saya dan Tina (saudara perempuan Marie) memiliki pendeta yang luar biasa di Östra Ljungby. Saya memiliki kenangan yang indah di sana. Saya menyukai semua lagunya. Itu menjadi sumber kebebasan bagi saya,” ujar Marie pada sebuah wawancara di tahun 2005.

Berbagai audisi juga ia ikuti yang akhirnya ia berhasil sukses bersama Roxette. Namun sayang, ia mendapati kenyataan bahwa terdapat tumor otak di kepalanya di tahun 2002 setelah ia pingsan usai melakukan jogging. Sejak itu pula ia berjuang melawan kanker otak hingga akhirnya meninggal dunia.

Tak hanya musisi luar negeri saja yang kehilangan sosok Marie, begitu pula di Indonesia. Anggun adalah salah satu penyanyi Indonesia yang menyampaikan rasa bela sungkawanya.

“Roxette’s songs were the soundtrack of my teenage life. Thank you for the inspiration and the music 🖤#RIPMarieFredriksson 🖤 #Roxette” tulis Anggun di akun Instagram miliknya.