Virus Discontent Melanda, Ma’ruf Amin Waspadai Indonesia

6

Virus discontent ialah virus tak puasnya masyarakat kepada pemerintah dan ini sudah terjadi di Chile, Hong Kong serta Lebanon. Ma’ruf Amin selaku Wakil Presiden mengatakan virus yang membuat tidak stabilnya suatu negara ini harus diwaspadai agar tak terjadi di Indonesia.

Beliau juga mengatakan dalam acara Seminar Sekolah Peserta Sespimti Polri Dikreg ke-28 yang berlangsung di Tribata, Jakarta, bahwa mewaspadai dan mengantisipasi terserangnya virus tersebut penting dilakukan. Ungkapan tentang kita harus mewaspadai virus discontent disampaikan oleh wapres Ma’ruf Amin melalui rekaman audio pada jumat, 8 November 2019.

Penyebab virus discontent bisa terjadi di Chile dikatakan oleh Ma’ruf Amin ialah karena biaya transportasi umum yang meningkat. Meskipun pemerintah Chile sudah berusaha untuk meredam yang dilakukan dengan cara melakukan perombakan kabinet, namun tak juga berhasil. Gejolak ini pun menghentikan jadwal kehadiran Ma’ruf Amin di Chile untuk pertemuan APEC yang akan berlangsung pada 11 November yang akan datang.

Ma’ruf Amin menambahkan, kejadian yang sama juga terjadi di Hongkong namun pemicunya masalah HAM dan ekstradisi. Masyarakat disana melakukan demonstrasi yang sudah berlangsung selama satu bulan lebih hingga hari ini sehingga sistem perekonomian negara mengalami kelumpuhan.

Sedangkan yang terjadi di Lebanon dimana penyebabnya juga masyarakat yang tidak puas pada pemerintah hingga akhirnya Perdana Menteri Saad Hariri pun mengundurkan diri. Tetapi pengunduran diri tersebut tak membuat terselesaikannya masalah yang ada di Lebanon tersebut. Namun masalah semakin hari tak akan selesai jika tak diselesaikan dengan baik.

Melihat betapa kronisnya akibat virus content ini, maka sebelum datang ke Indonesia perlu diantisipasi serta diwaspadai. Sehingga Indonesia tak mengalami kejadian yang sama seperti Hong Kong, Lebanon dan Chile. Agar kestabilan bangsa dan negara bisa terus terjaga sehingga ke depannya Indonesia bisa terus maju.

Meskipun awalnya masalah tersebut sepele hanya karena adanya masyarakat yang tak puas dengan pemerintah. Namun jika dibiarkan, akan semakin ramai orang yang tidak puas, hingga berbagai kejadian buruk bisa terjadi. Salah satunya demonstrasi atau unjuk rasa adalah hal yang sudah sangat biasa dilakukan di Indonesia.

Meskipun begitu aksi unjuk rasa sangat mengganggu baik pemerintahan ataupun lingkungan sekitar. Ini masih sebagian yang melakukan demo, namun jika semua warga Indonesia melakukan demo, akan jadi apa negara ini. Sebagai Wakil Presiden, Ma’ruf Amin merasa perlu mengatakan kepada warga negara Indonesia agar tak sampai kejadian seperti 3 negara tersebut terjadi di Indonesia.