Virus Corona Menyebar, F1 2020 Tetap Sesuai Rencana

21

Madrid, 28 Februari 2020 – Dunia saat ini sedang dihebohkan oleh virus yang diketahui berasal dari Wuhan China, virus corona. Virus corona hingga kini masih terus menyebar dan hal ini berdampak pada berbagai bidang. Bidang kesehatan bahkan bidang olahraga. Meskipun begitu, dipastikan ajang Formula One 2020 tetap berlangsung sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Hal ini seperti yang diumumkan oleh Chase Carey sebagai Ketua Formula One. Carey juga menyebutkan bahwa ajang Formula One pertama akan digelar di Melbourne tepatnya di Sirkuit Albert Park yaitu pada tanggal 15 Maret. Sedangkan Formula One seri ketiga akan berlangsung di Hanoi, Vietnam.

Kabar sebelum ini mengatakan bahwa ajang Grand Prix Vietnam akan dihilangkan sebab wabah virus corona yang terus menyebar. Namun Carey tidak setuju dengan hal ini, dia tetap ingin MotoGP Vietnam digelar sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Bahkan menurut Carey, Vietnam ialah lokasi yang steril untuk menyelenggarakan acara balapan ini. Sementara itu, ajang Grand Prix China akan dibatalkan dalam gelaran Formula One musim 2020 ini.

Carey menjelaskan bahwa Grand Prix Vietnam yang berlangsung di Hanoi akan digelar tanggal 5 April 2020, balapan akan tetap dilanjutkan sebagai salah satu langkah agar tidak timbulnya pertanyaan lain. Hingga hari ini panitia penyelenggaraan Grand Prix Australia sedang melakukan persiapan, padahal pemerintah telah memperingatkan Australia bahwa akan mempertimbangkan semua opsi yang ada.

Pada suatu waktu jika dalam suatu waktu terjadi kondisi yang tidak memungkinkan, maka Grand Prix Australia 2020 akan dibatalkan atau ditiadakan. Pilihan terakhir untuk membatalkan Grand Prix Australia 2020 bisa dilakukan dengan berbagai pertimbangan tertentu. Masalah kesehatan yang saat ini sedang menjadi wabah, yakni corona tentunya mendapat perhatian khusus.

Andrew Westacott selaku bos Grand Prix Australia  mengatakan bahwa pihaknya harus memiliki pikiran terbuka. Pihaknya juga akan mengambil pimpinan sekaligus panduan dari otoritas kesehatan yang sejalan dengan instruksi pemerintahan.

Virus corona memang virus yang sudah berhasil meresahkan hampir semua warga di dunia. Tak terkecuali dalam dunia Formula One 2020. Namun terkait penyebaran virus corona, Carey tidak setuju jika Formula One 2020 Grand Prix Vietnam dibatalkan. Carey ingin ajang Formula One digelar sesuai waktu atau jadwal yang sudah ditetapkan selanjutnya. Apalagi Carey menyebutkan Vietnam menurutnya lokasi yang steril untuk gelaran Formula One. Melihat apa yang dikatakan Carey, maka tak ada alasan lain untuk membatalkan gelaran Formula One 2020 Grand Prix Vietnam.