Viral Video Hoax Merry Riana, Berikut Penjelasannya!

28

Banyaknya berita hoax yang tersebar di tengah masyarakat memang tidak akan pernah ada habisnya. Masalah ini pun, kini sedang dihadapi oleh Merry Riana yang dikenal sebagai wanita sejuta dolar ini pun langsung memberi klarifikasi terkait video yang kini tengah beredar dengan nada provokasi.

Beberapa waktu lalu, tepatnya 29 Mei 2019 merupakan ulang tahun Merry Riana. Merry Riana pun membuat sebuah video personal yang ia ungkapkan dari hasil perenungannya selama satu minggu sebelum Merry Riana berulang tahun yang ke-39.

Dan setelah ‘video Harapan’ ini di upload di dalam channel YouTube-nya ini, banyak respon positif terhadap video tersebut hingga mendapatkan hampir satu juta view dan sempat masuk dalam ternding di YouTube.

Namun sayang, video ini pun menarik perhatian pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mengedit dan memberi narasi provokasi sehingga menjadi pembicaraan banyak publik. Video ini pun tersebar luas, tidak hanya di facebook, bahkan WhatsApp group dan bahkan di channel YouTube dengan video versi yang telah dipotong berdurasi 1:55.

“Jangan biarkan video yang melemahkan harga diri bangsa” ucap salah satu komentar penyebar video dengan narasi provokasi.

Hal inilah yang membuat Ms Merry pun langsung membuat video klarifikasi di akun Instagram-nya dan juga FB.

“Kalau kamu pernah menonton Video Harapan yang hanya berdurasi 1:55, itu adalah video editan.

Mohon nonton video lengkapnya dulu sebelum menyimpulkan, berkomentar, apalagi dibagikan.” ungkap Ms Merry di akun Instagram beliau.

Bahkan berita yang tersebar ini pun sudah di verifikasi oleh salah satu website turnbackhoax.id karena kebenaran video yang telah disebar luaskan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan nada provokasi.

Merry Riana pun meminta bantuan dari masyarakat bahkan media untuk memberantas hoax tersebut dengan cara:

1. Sebarkan Berita Asli dan Juga Video Asli

“Bantu post Video Harapan versi lengkap di IGTV, Facebook dan juga WhatsApps Group. Percayalah bahwa kalau cukup banyak orang melakukan apa yang Anda lakukan, maka cepat atau lambat Indonesia akan bebas dari hoax.”

Ya, ketika kamu mendapatkan informasi dengan nada provokasi, ada baiknya untuk mencari tahu video ataupun informasi yang aslinya. Sebarkan juga video-video asli dengan versi utuh agar tidak terjadi kesalahpahaman dan juga dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Ketika Melihat Video Hoax, Berikan Link Asli

Jika Anda melihat ada video Harapan editan yang berdurasi 1 menit 55 detik ini berada di media sosial, tolong bantu utk share video klarifikasi Merry Riana dan link asli Video Harapan yang berdurasi 3 menit 48 detik. Karena di channel YouTube pun tersebar banyak sekali video-video yang berdurasi 1 menit 55 detik dengan narasi-narasi negatif.