Vinales Menjadi yang Tercepat di Tes MotoGP Hari ke 2

15

Tes kedua Pramusim Motogp 2019, digelar pada 6-8 februari 2019 di sirkuit Sepang, Malaysia dimana para rider utama mulai terlihat mengikuti tes tersebut. Sebut saja Maverick Vinales, Marq Marquez, dan Valentino Rossi sudah terlihat mengaspal kembali. Pada tes hari pertama, rider andalan honda memantapkan diri sebagai yang tercepat dengan catatan waktu satu menit 59,621 detik.

Marc Marquez menjadi satu-satunya pembalap yang mencatatkan waktu sekitar satu menit pada tes hari pertama. Hal ini merupakan hasil yang bagus, mengingat Marquez sempat menepi beberapa bulan karena mengalami cedera bahu.

Pada lanjutan tes 7/2/2019, pembalap besutan Yamaha Maverick Vinales, merangkak naik menjadi yang terdepan. Vinales berhasil finish terdepan dengan membukukan waktu 1 menit 58,897 detik.

Hal ini membuat Vinales melampaui rekor tercepat pada tes hari pertama. Tempat kedua diisi oleh Alex Rins, dengan catatan waktu terpaut lebih dari setengah detik yaitu 1 menit 59,424 detik. Lalu ditempat ketiga menempel Miller dengan waktu terpaut 0,60 detik dari Rins, yang membuat Miller menempati tempat ke tiga.

Sedangkan sang legenda Motogp Valentino Rossi yang juga merupakan rekan setim Vinales harus puas hanya bertengger di posisi enam. Selain itu juara tes hari pertama Marc Marquez juga harus puas berada di belakang Tito Rabat, yang finish di posisi ke tujuh. Marquez dikabarkan harus mengakhiri tes lebih cepat, karena masalah dengan pemulihanya.

Kemenangan Vinales didukung dengan beberapa faktor, yaitu perubahan setingan mesin monster energi yamaha, yang disesuaikan dengan gaya Vinales maupun Rossi. Selain itu Vinales memaparkan dirinya sangat begitu nyaman masuk ke lintasan dengan perubahan mesin yamaha saat ini.

Vinales juga mengakui bahwa mesin besutan yamaha teranyar itu sangat mudah, sangat nyaman dan juga stabil saat melahap tikungan. Pengereman mesin serta tekanan pada ban depan pun sangat kecil, sangat berbeda dengan mesin yamaha versi 2018 lalu. Vinales juga menambahkan kalau pada mesin Yamaha teranyar ini hanya kurang di akselerasi.

Karena mesin baru para rider butuh menyesuaikan akselerasinya. Namun Vinales yakin bahwa tidak akan sulit itu mendapatkan akselerasi terbaik. Bila ia dan para rider Yamaha lainnya mau untuk bekerja keras. Berikut 10 besar yang finish pada lanjutan tes MotoGP pra musim 2019, yang diselenggarakan di Sepang sirkuit Malaysia.

Pembalap-pembalap tersebut adalah: Maverick Vinales, Alex Rins, Jack Miller, Andrea Dovizioso, Cal Cultchow, Valentino Rossi, Tito Rabat, Marq Marquez, Danilo Petrucci, Takaaki Nakagami. Itulah nama-nama rider yang mengisi sepuluh besar pada tes pra musim MotoGP hari ke-2, di sirkuit Sepang Malaysia.