Ustaz Somad Himbau Tak Benci Sebab Virus Corona

33

Depok, 26 Februari 2020 – Ustaz Abdul Somad yang juga dikenal dengan sebutan UAS bicara tentang ketakutan yang kini dihadapin masyarakat atas penyebaran virus Corona yang berasal dari China. UAS menghimbau kepada warga negara Indonesia khususnya Jemaah beliau agar tidak membenci China atas dasar kesukuan karena hal ini memicu rusaknya keyakinan atau ketauhidan. Ini seperti yang disampaikan oleh Ustad Abdil Somad pada hari ini ini dalam ceramahnya yang dilakukan di Masjid Al-Kautsar, Depok.

Sebenarnya keturunan China zaman dulu dengan parasnya yang cantik menjadi idaman banyak orang. Tentu saja ini menjadi kebalikannya ketika penyebaran virus Corona yang mewabah di Wuhan, China. Dulu banyak yang menyukai warga negara China namun sekarang sudah ada ketakutan kepada Wuhan.

UAS menyebut hal ini ialah bagian dari kekuasaan Allah SWT, Beliau juga mengingatkan kepada seluruh Jemaah bahwa semua hal yang terjadi di dunia ini ialah kehendak Allah swt. Sehingga bukan hal yang baik jika kita membenci China atau membenci seseorang karena dia warga keturunan China. Apalagi jika kebencian muncul di hati disebabkan maraknya virus Corona. Sebab persoalan suku bukan pilihan manusia tetapi kehendak Allah.

UAS juga menerangkan  bahwa bukan pilihan seseorang untuk menjadi warga negara China. Seseorang tak bisa memilih dia dilahirkan sebagai warga negara apa. Jadi, tidak boleh mengatakan benci seseorang karena dia China, benci seseorang karena dia Tionghoa dan benci seseorang karena dia bule atau hal lainnya. Sebab lahir dalam keluarga Tionghoa, lahir sebagai bule atau keadaan lainnya, bukan pilihan orang itu, tetapi pilihan Allah.

Seperti yang diimani oleh umat Islam bahwa Allah memiliki sifat Iradat maha berkehendak dan Qudrat maha kuasa. Jadi Allah berkuasa atas segala hal yang ada di dunia sehingga UAS melarang jika ada jamaahnya yang membenci ciptaan Allah termasuk China. Kalau benci seseorang karena suku, maka sama artinya benci kepada yang memilihkan suku untuk dia.

Dalam hal ini benci kepada Allah sebab dia lahir dalam suku apa ialah pilihan Allah sehingga hal ini membuat rusaknya tauhid. Kebencian tersebut harus dihindari oleh semua umat Islam agar tidak merusak ketauhidannya dalam beragama. Permasalahan suku apa yang terkena virus corona bukan berarti harus membenci mereka, kita tidak boleh memandang suku lain adalah buruk.

Virus Corona memang sangat menyita perhatian banyak orang bahkan dunia sejak kehadirannya di tahun lalu. Disebutkan virus Corona berasal dari Wuhan, salah satu kota di China. Wuhan sempat diisolasi sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona.