Usai Taklukkan All England, Ahsan/Hendra Siap Melenggang ke Swiss Open 2019

21

Indonesia kembali dibuat bangga dengan suksesnya dua atlit bulu tangkis dari sektor ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menaklukkan turnamen bulu tangkis All England pada Minggu 10 Maret di Birmingham Arena, Inggris. Ahsan/Hendra berhasil mengalahkan pasangan Malaysia yaitu Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan perolehan skor 11-21, 21-14, 21-12.

Prestasi luar biasa ini membuat peringkat Ahsan/Hendra melonjak naik dari peringkat 7 ke peringkat 4 dunia. Naiknya peringkat mereka ini dikarenakan bertambahnya poin mereka dari 64.130 ke angka 68.670. Naiknya peringkat Ahsan/Hendra ini berhasil menggusur peringkat pebulutangkis dunia yang sebelumnya berada di atas mereka.

Di antaranya adalah yang sebelum berada di peringkat 4 yaitu Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe turun menjadi peringkat 5. Demikian juga dengan perwakilan Taiwan yang sebelum berada di peringkat 5 yaitu Chen Hung Ling/Wang Chi Lin turun ke peringkat 6.

Dan satu pasangan terakhir yang berhasil tergusur oleh Ahsan/Hendra adalah Kim Astrup/Anders Skaarup, pasangan Denmark yang menggantikan posisi mereka di peringkat 7. Keberhasilan ini pun mendapat apresiasai langsung dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Presiden Jokowi menyampaikan rasa bangganya serta mengucapkan selamat kepada Ahsan/Hendra melalui akun instagramnya. Selepas menjuarai All England, kini keduanya langsung terbang ke Basel, Swiss untuk melakukan turnamen berikutnya yaitu Swiss Open 2019.

Turnamen Swiss Open 2019 akan dilaksanakan di St Jakobshalle Basel, Basel Switzerland pada tanggal 12 hingga 17 Maret mendatang. Pernyataan keikutsertaan mereka di turnamen BWF World Tour 2019 Super 300 disampaikan langsung melalui akun twitter resmi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Selain pasangan Ahsan/Hendra, PBSI juga mengirimkan tiga wakil ganda putra lainnya. Keempat wakil ganda putra tersebut adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Berry Angriawan/Hardianto serta Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso. Juga tiga perwakilan dari sektor tunggal putra yaitu Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto, dan Jonatan Christie.

Di sektor lainnya yaitu ganda putri Indonesia mengirimkan Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto. Sektor lainnya yaitu ganda campuran mengirimkan dua perwakilan yaitu Ronald/Annisa Saufika dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Sedangkan di sektor tunggal putri Indonesia tidak mengirimkan atletnya di turnamen ini.