Upacara HUT Bhayangkara Dipimpin Oleh Presiden Joko Widodo

10

Upacara HUT Bhayangkara pada dini hari, Rabu 10 Juli 2019 yang diselenggarakan di Monumen Nasional (Monas) dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo atau biasa disebut dengan Presiden Jokowi hadir menjadi inspektur upacara dalam peringatan HUT ke-73 Bhayangkara di Monumen Nasional (Monas)

Upacara digelar pada hari ini dan dimulai sekitar pukul 07.45 WIB. Komandan Pasukan Pelopor Korps Brimob Polri yakni Brigadir Jenderal Verdianto Iskandar berperan menjadi Komandan Upacara dalam perayaan HUT Bhayangkara tersebut.

Terlihat sejumlah tamu undangan menghadiri acara HUT Bhayangkara tersebut seperti Wakil Presiden ke-6 Republik Indonesia, Tri Sutrisno. Kemudian hadil istri dari Presiden ke-4 Republik Indonesia yakni Sinta Nuriah Wahid. Kemudian tidak lupa dihadiri oleh wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin.

Tidak hanya itu, HUT Bhayangkara juga dihadiri oleh ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakni Arief Budiman, dan wakil ketua KPK yakni Laode M. Syarif. HUT Bhayangkara dihadiri juga oleh mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Yakni Mahfud MD. Hadir juga mantan Menteri Sekretarias Negara yakni Yusril Ihza Mahendra dan Sekretaris Jendral PDIP yakni Hasto Kristiyanto.

Menurut informasi yang diperoleh, Presiden Joko Widodo hadir dengan didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi. Beliau hadir sekitar pukul 07.45 WIB. Presiden Joko Widodo tiba bersama dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang didampingi isterinya yakni Mufidah Kalla.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memasuki area upacara secara bersamaan. Mereka didampingi oleh Kapolri Jendral Tito Karnavian dan Marsekal Hadi Tjahjanto selaku Panglima Tentara Republik Indonesia (TNI).

Memasuki area upacara tampak semuruh anggota Polri dan TNI berbaris menghadap tenda utama dengan rapi. Tenda utama tersebut adalah tempat para pejabat Negara dan tamu undangan yang menghadiri upacara tersebut yang berasal dari berbagai kesatuan.

Presiden Joko Widodo yang pada saat itu menjadi inspektur upacara mendapatkan laporan dari komandan upcara. Kemudian Presiden Joko Widodo memeriksa kesiapan kesiapan dari anggota TNI-Polri selaku anggota upacara yang berbaris di hadapannya. Setelah itu, Presiden Joko Widodo memimpin seluruh peserta upacara untuk mengheningkan cipta.

Jenderal Dedi Prasetyo selaku Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir mengatakan bahwa peringatan HUT Bhayangkara ini tidak hanya dilakukan di Monumen Nasional (Monas) akan tetapi HUT Bhayangkara juga dilakukan di lapangan kepolisian daerah-daerah lainnya.

Upacara HUT Bhayangkara akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti Marching Band dari TNI-Polri, terjun paying, Flypass pesawat dan akan diisi dengan pemberian penghargaan kepada anggota TNI-Polri, kepala desa dan tokoh masyarakat yang sudah memberikan konstribusi dalam rangka menjaga keamanan dan persatuan Indonesia.