UNY Terbitkan e-Money Edisi Dies Natalies Ke-55

57

Menandai hari jadinya yang ke -55, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menerbitkan kartu pembayaran virtual (e-money ) edisi khusus.

Penerbitan kartu ini untuk mendorong Gerakan Pembayaran Non Tunai yang dicanangkan pemerintah sekaligus penerapan budaya pembayaran digital untuk para civitas akademika UNY.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Prof.DR.Sutrisna Wibawa M.Pd mengungkapkan bahwa untuk tahap perdana kartu virtual edisi khusus ini dicetak sebanyak 2100, yang merupakan sumbangan dari Bank Mandiri.

” Ini merupakan salah satu penerapan budaya digital di kampus. Sehingga nantinya kalau belanja di kantin tak perlu lagi bingung cari uang receh karena pembayaran bisa memakai e-money. Saya bahkan sedang berencana, untuk honor pegawai nantinya bisa juga diwujudkan lewat Top Up e-money seperti ini. ” ujar Sutrisna kepada wartawan di Kampus FE UNY Senin (15/4/2019 ).

Lebih lanjut Sutrisna mengungkapkan, dalam jangka pendek sekarang ini mahasiswa sudah diarahkan juga untuk menggunakan e-money untuk kegiatan dalam kampus. Salah satunya diterapkan dalam pelaksanaan Konser Dies Natalies yang menghadirkan bintang grup Musik Maliq D’Esential.

Bagi mahasiswa yang hendak menyaksikan konser ini diwajibkan top up kartu T-Money yang dikeluarkan oleh Bank BPD sebesar Rp.10.000 serta melakukan transfer donasi sosial ke lembaga UNY sebesar Rp.55,-. Kartu ini dapat di top up dari beberapa jenis bank dengan isi maksimal Rp. 1 juta.

Selain dapat digunakan untuk transaksi di kampus seperti belanja di kantin atau beberapa gerai di Plaza UNY, e-money tersebut juga dapat digunakan sebagai pembayaran Toll, parkir, bus kota, SPBU , dan lain-lain. Berdasarkan catatan UNY sedikitnnya 7500 mahasiswa sudah mendaftarkan kartu T-Money ini dan diyakini jumlahnya akan terus bertambah, karena antusias mahasiswa yang sangat tinggi. (*)