Uji Coba Semi Pedestrian Kawasan Malioboro

16

(Yogyakarta 18/06) Mulai pukul 06.00 WIB  hingga 21.00 WIB resmi sudah pelaksanaan uji coba kawasan malioboro untuk dijadikan semi pedestrian. Selain bus Trans Jogja, kendaraan bermotor dilarang untuk memasuki kawasan malioboro .

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Sapta Raharjo mengatakan “Rencana awal, kegiatan uji coba hanya akan dilakukan satu hari yaitu pada 18 Juni pukul 06.00 WIB sampai 21.00 WIB”

Namun uji coba tersebut sempat dikritisi oleh komunitas kawasan malioboro yang meminta untuk mempertimbangkan segala aspek kesiapan uji coba tersebut mulai dampak yang dirasakan oleh wisatawan, komunitas, hingga pedagang. Sehingga uji coba tersebut menghasilkan dampak yang positif bagi pengunjung kawasan malioboro.

“Tetapi, kami dari komunitas tidak dalam posisi sebagai penentu apakah uji coba tersebut akan diadakan atau tidak. ‘Car Free Day’ di malioboro adalah kebijakan baru. Tentu untuk mengetahui dampaknya perlu dijalankan kebijakan tersebut. Kalau belum dicoba, maka tidak akan pernah tahu bagaimana kondisi sebenarnya”, kata komunitas tersebut.

Rudiarto mengatakan, “Uji coba tersebut juga membutuhkan kesiapan dari masyarakat di Malioboro dan kawasan penyangga, termasuk kesiapan kantong parkir yang dekat dengan Malioboro dan mudah diakses masyarakat”. Uji coba HBKB ini menjadi bagian dari penerapan rencana Malioboro sebagai kawasan semi pedestrian.

Rencana awal, kegiatan uji coba hanya akan dilakukan satu hari yaitu pada 18 juni pukul 06.00 WIB sampai 21.00 WIB.