Ujaran Kebencian Berujung Hukuman, Tiga Tersangka Ditangkap

12

Peribahasa lawas yang mengatakan mulutmu harimaumu tampaknya memang terbukti dalam kasus yang satu ini. Sebelumnya, sempat viral video hate speech yang diucapkan oleh Galih Ginanjar, seorang artis yang sudah sering muncul di layar televisi nasional Indonesia. Galih Ginanjar, Pablo Benua dan Rey Utami yang diduga melakukan pencemaran nama baik, kini resmi ditahan di Rutan Polda Metro Jaya pada Jumat (12/07).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan bahwa para tersangka sudah ditahan di direktorat tahanan dan barang bukti sudah ada di Polda Metro Jaya. Penyidik memutuskan untuk melakukan penangkapan, hal ini dikarenakan usai habis masa penangkapan 1 x 24 jam. Untuk lama penahanan, tiga orang ini akan ditahan selama 30 hari oleh para penyidik Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, Galih Ginanjar sempat menghebohkan dunia maya karena ucapan yang tidak pantas kepada mantan istrinya, Fairuz Arrafiq. Ucapan ini diungkapkannya melalui video yang diunggah oleh akun YouTube milik Pablo Benua dan juga Rey Utami. Galih ditangkap saat sedang berada di hotel kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan Kamis kemarin.

Sedangkan Pablo dan Rey Utami ditangkap setelah mereka menjalani pemeriksaan yang berlokasi di Ditreskrimus Polda Metro Jaya di hari yang sama saat Galih ditangkap di hotel.

Pencemaran nama baik yang mereka lakukan ini dijerat dengan Pasal 27 ayat 1, Ayat 3 dan Pasal 45 ayat 1 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Tidak hanya itu, kasus ini juga dijerat dengan Pasal 311 KUHP. Ancaman hukuman yang diberlakukan untuk kasus ini lebih dari 6 tahun penjara. Hukum yang berlaku tentu tidak membenarkan perilaku buruk yang mereka lakukan.

Semua kasus dan hukuman yang diterima oleh Galih Ginanjar, Pablo Benua dan Rey Utami ini tentunya mengajarkan kita untuk tidak menyebarkan ujaran kebencian yang ditujukan kepada orang lain atau sekelompok orang. Tindakan tidak terpuji tersebut bisa mengantarkan kita kepada hukuman yang berat dan tentunya harus ditanggung. Ujaran kebencian adalah hal yang sama sekali tidak membawa manfaat. Semoga kita semua belajar dari hal ini dan menjaga cara bicara pada sesama manusia.