Tujuan Melakukan Persepuluhan di Dalam Iman Kristen

9

Persepuluhan adalah salah satu perintah Allah kepada umatnya, di mana kita meyisihkan sepersepuluh dari apa yang kita punya untuk Allah. Lantas kenapa Allah memerintahkan hanya sepuluh persen dari yang kita punya.

Persepuluhan pastinya sudah terdengar tidak asing bagi kita orang Kristen, lebih sering disebut perpuluhan. Untuk orang yang belum pernah memberikan perpuluhan akan timbul pertanyaan sebenarnya untuk apa perpuluhan ini?

Kenapa harus seper perpuluh? Apakah tidak boleh lebih atau kurang? Apakah perpuluhan harus diberikan dalam bentuk uang? Semua pertanyaan ini bisa kita temukan jawabannya jika arti perpuluhan kita maknai dengan benar.

Sebelum kita menggunakan uang kita, kita harus mengutamakan Tuhan dengan memberikan bagian-Nya terlebih dahulu. Karena di dalam Alkitab ada tertulis

“Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu” (Amsal 3:9).

Yang jadi pertanyaan adalah yang manakah penghasilan kita yang diminta Tuhan untuk dikembalikan kepada-Nya? Ada di dalam Alkitab,

“Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN” (Imamat 27:30).

Perpuluhan adalah salah satu cara untuk mengajarkan kita bahwa Allah adalah prioritas nomor satu di dalam hidup kita.

Tujuan Persepuluhan Dalam Iman Kristen

Berbeda dengan ajaran perpuluhan di perjanjian lama, di perjanjian baru hanya sedikit mengetahui tentang perpuluhan. Bahkan tidak ada catatan sedetail di perjanjian lama yang dapat kita temukan.

Dalam Matius 23, Lukas 11, ditekankan untuk memberikan perpuluhan dari selasih, adas manis dan jintan, tetapi tetap yang terpenting dari hukum taurat: keadilan, belas kasihan dan kesetiaan. Firman inilah yang menjadi dasar bagi kita untuk memberikan perpuluhan meskipun mungkin ada banyak pengeluaran.

Berikut ini tujuan kenapa kita harus memberikan perpuluha kepada Tuhan:

  • Melaksanakan Perintah Tuhan

Sebagai seorang Kristen, kita sudah sepantasnya mematuhi perintah Tuhan. DI dalam Alkitab, terdapat perintah Allah untuk memuliakan Tuhan dengan hasil pertama dari penghasilan kita.

Bagi kita yang sudah bekerja, setiap bulan kita telah diberikan penghasilan dari kerja kita. Allah meminta kita mengembalikan hasil pertama dari penghasilan tersebut untuk dikembalikan kepada Allah.

  • Perpuluhan Sebagai Tanda Syukur

Allah kita adalah Allah yang pemurah. Segala yang kita miliki di dunia ini adalah milik Allah. Allah hanya memberikan pinjaman kepada kita agar kita dapat memuliakan Allah melalui apa yang kita miliki. Uang yang kita terima pun juga merupakan milik Allah. 

Kita sebagai orang Kristen harus senantiasa mengucap syukur kepada Allah. Oleh sebab itu, tujuan melakukan perpuluhan adalah bentuk rasa syukur kita bahwa Allah.

  • Sebagai Rasa Hormat Kepada Tuhan

Kita adalah manusia yang penuh dengan kekterbatasan dan kekurangan. Tentu kita tidak dapat menyaingi Allah yang Maha Kuasa. Allah memerintahkan kita untuk memberikan perpuluhan, Alkitab menyatakan bahwa kita tidak melakukan perpuluahan, kita berarti sudah menipu Allah.

Tentu hal ini bukan tindakan yang tepat karena berarti kita tidak menghormati Allah. Inilah yang menjadi tujuan melakukan persepuluhan, untuk menunjukkan rasa hormat kita pada Allah.

  • Untuk Membantu Pelayanan Gereja

Kita dapat menjadi berkat melalui apapun, baik itu pekerjaan ataupun kehidupan kita sehari-hari. Ada beberapa orang yang dipakai Allah untuk memberikan hidupnya untuk menjadi pelayan gereja.

Mereka memberikan seluruh waktunya untuk gereja, sehingga tidak memiliki sumber penghasilan di luar gereja. Namun, ada juga orang yang melayani di gereja, tetapi juga bekerja seperti majelis gereja.

Mereka sudah bersedia untuk membantu kita beribadah dengan nyaman. Oleh karena itu, gereja perlu membantu memberikan penghasilan kepada mereka.

Penghasilan tersebut bisa didapatkan melalui perpuluhan yang diberikan sebagai salah satu tanggung jawab jemaat terhadap gereja.