Travelling Hemat? Ini Dia 5 Caranya!

9

Siapa bilang kalau traveling itu harus punya banyak uang. Ada banyak cara untuk bisa tetap menikmati jalan-jalan ke berbagai tempat hanya dengan budget yang amat low budget. Berikut ini adalah beberapa cara traveling hemat bagi kamu yang suka berkeliling menikmati keindahan alam:

1. Buat rencana sejak jauh hari

Jangan pernah melakukan sebuah perjalanan atau traveling tanpa sebuah rencana. Sebuah rencana akan sangat membantu untuk mengetahui seberapa besar biaya yang dibutuhkan dan bagian mana saja yang bisa ditekan pengeluarannya.

Perjalanan tanpa sebuah rencana justru akan membuat kamu mengeluarkan uang lebih banyak dari yang seharusnya karena kamu tidak mengetahui dengan pasti setiap pengeluaran nantinya.

2. Cari tiket murah

Saat ini, melakukan perjalanan dengan biaya yang murah bukan lagi hal yang sulit. Ada banyak tawaran tiket murah yang bisa kamu dapatkan di berbagai situs penyedia tiket online. Kamu bisa melakukan perjalanan ketika harga tiket sedang murah sehingga biaya transportasi bisa ditekan.

Untuk transportasi di tempat yang kamu kunjungi, kamu bisa menggunakan transportasi umum atau dengan berjalan kaki jika tempat wisata berada tidak jauh dari tempat penginapan.

3. Cari penginapan murah

Selain tiket murah, penginapan murah juga sangat mudah ditemukan saat ini. Bahkan di beberapa daerah, kamu bisa menemukan tempat penginapan yang merupakan tempat tinggal warga asli destinasi wisata kamu.

Beberapa warga memanfaatkan rumah mereka sebagai penginapan bagi para wisatawan yang ingin mengetahui lebih dekat tentang budaya warga asli. Selain murah, kamu bisa mendapatkan banyak informasi gratis dari pemilik rumah yang pastinya jauh lebih update dibandingkan Mbah Google.

4. Batasi pengeluaran tidak penting

Berkunjung ke tempat wisata tentunya kita juga akan melihat banyak pernak pernik unik khas tempat wisata. Disinilah biasanya pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu penting justru membengkak. Sebaiknya siapkan amplop khusus untuk biaya membeli souvenir atau oleh-oleh agar kamu tidak kelabakan kekurangan uang saat pulang hanya karena habis memborong oleh-oleh.

5. Bawa makanan kering

Untuk mengurangi biaya makan saat melakukan perjalanan wisata, ada baiknya untuk membawa makanan kering. Misalnya kamu bisa membawa roti atau biskuit sebagai sarapan. Bisa juga beberapa cup mie instan yang tinggal diseduh dengan air panas. Dengan begini, kamu tidak perlu kerepotan memikirkan biaya makan jika ingin berlama-lama di tempat wisata.

Itulah beberapa tips untuk bisa melakukan perjalanan wisata hanya dnegan budget yang rendah dan super hemat. Semoga artikel ini bermanfaat dan perjalanan kamu menyenangkan!