Tragis! Peringatan Pahlawan di Surabaya Berujung Maut

47

Jika Anda mendengar mengenai hari Pahlawan yang memang diadakan pada setiap tanggal 10 November itu selalu berkaitan erat dengan salah satu kota di Indonesia. Apa lagi kalau bukan kota Surabaya. Kota yang terkenal menjadi salah satu dan satu satunya kota pahlawan di Indonesia karena adanya tragedi 10 November di kota ini sendiri, di mana arek arek Surabaya minta untuk menyerahkan setiap persenjataan yang diberikan Jepang kepada Belanda yang kembali lagi hadir.

peringatan-pahlawan-berujung-maut

Namun, di kota ini sendiri ada berdiri seorang pejuang bernama Bung Tomo yang memang membangun semangat dari arek-arek Surabaya sendiri. Dari setiap hal dan setiap ucapan serta orasinya tersebut membuat setiap dari kita semangat kembali dan tentunya ini tidak bisa dilupakan begitu saja untuk perjuangan rakyat Indonesia.

Karena itu, setiap tahunnya di tanggal 09 November malam selalu diadakan acara Surabaya membara setiap tahunnya yang memang memperlihatkan pejuang-pejuang masyarakat dan arek-arek Surabaya tersebut. Tahun demi Tahun tidak pernah ada satu pun dilewatkan warga dan selalu saja ramai menjadi pembicaraan.

Namun, ternyata pada tahun ini kemarin (09/10/2018 )malam diadakan kembali acara Surabaya membara, tidak sekondusif tahun sebelumnya. Dalam acara Surabaya membara sendiri memakan korban jiwa mencapai 20 orang lebih dengan 4 orang meninggal dunia. Sangat miris, sebab semua korban berada di usia di bawah 20 tahun.

Karena adanya keramaian di lokasi tersebut, banyak dari mereka duduk dan memilih tempat di atas viaduk rel kereta api yang di mana memang berbahaya sekali bukan? Kemarin (09/10) tempat ini memakan korban jiwa. Karena memang tempat dari kereta api melintas dan benar hari itu ada kereta barang yang melintas. Satu anak di antara mereka itu sendiri yang memang meninggal dengan sangat naas.

Terlihat dari dokumentasi bahwa badan terbelah menjadi dua dengan nama Helmi Suryawijaya yang masih berusia 13 tahun sendiri.

Acara ini sempat dihentikan oleh panitia selama kurang lebih 30 menit sejak pukul 20.00. Lalu pada pukul 21.00 ini ditetapkan untuk ditutup karena memakan korban jiwa.

Surabaya Membara sendiri tidak pernah dilewatkan oleh setiap orang di Surabaya setiap tahunnya, selalu ada tamu dari berbagai provinsi di Indonesia yang hadir di acara ini sendiri yang dilaksanakan di Tugu Pahlawan di Jalan Pahlawan Kota Surabaya, tepatnya di depan kantor Gubernur Jawa Timur.

Kita doakan untuk setiap orang yang menjadi korban luka agar lekas membaik, dan untuk keluarga korban meninggal supaya diberi kekuatan lebih dengan Tuhan.