Tisu Basah dan Masker Habis Stok  di Apotek dan Ritel  di Jakarta

16

Jakarta, 02 Maret 2020 – Toko ritel dan beberapa apotek yang ada di Jakarta mengaku habis stok masker dan tisu basah seiring berita WNI positif terinfeksi virus corona. Salah satunya yang berada di pusat perbelanjaan Pacific Place bernama Apotek Modern Watson. Selain itu toko Dahlia mengaku sejak kemarin sudah kehabisan stok masker dan antiseptik untuk tangan.

Permintaan masker hingga tisu basah memang meningkat bahkan sebelum  diberitakan virus corona masuk ke Indonesia. Apalagi saat ini sudah ada dua orang terinfeksi virus corona, tentu saja lebih meningkat tajam kebutuhan masker, antiseptik, desinfektan ataupun tisu basah. Penyebaran virus yang mematikan banyak orang ini telah sampai ke Indonesia juga dan tentunya akan membuat masyarakat harus lebih waspada.

Meskipun saat ini sudah habis,  pihak yang ada di apotek Watson mengungkapkan bahwa masker, desinfektan dan tisu basah akan dipasok kembali. Tetapi kapan waktunya belum dipastikan. Beralih ke Apotek ritel Guardian di Pacific Place , hal yang sama juga diungkapkan oleh pegawai  bernama Curi yang ada di apotek tersebut.

Desinfektan dan masker  sudah habis selama 2 minggu kemarin.   Biasanya ketika stok awal sudah habis maka langsung datang stok baru, tetapi hingga hari ini belum ada stok yang datang ke apotik. Meskipun stoknya sudah habis, tetapi tetap saja hingga hari ini belum datang stok baru. Sejak tadi pagi, permintaan tisu basah,  desinfektan dan masker meningkat.

Curi juga mengungkapkan meskipun permintaan meningkat, namun harga masker, tisu basah bisa dibilang tak ada perubahan. Umumnya sampai harga normal saja. Sedangkan di lokasi yang lain, Supermarket Lotte Mart yang berada di Ratu Plaza  beberapa hari ini tampak banyak dikunjungi konsumen.

Pada setiap kasir yang ada di tempat tersebut, memperoleh sebanyak tiga hingga lima orang yang antri untuk bayar barang belanjaan. Minimal ada 10 kasir yang masih dibuka dan tersedia dalam supermarket tersebut. Padahal sebelum tersebarnya berita ada 2 WNI positif terinfeksi virus corona tidak seramai hari ini pengunjung yang datang. Sejak tadi pagi, pelanggan memborong tisu basah dan desinfektan.

Ada juga pelanggan yang membeli makanan dalam jumlah banyak untuk persediaan stok di rumah, pelanggan  ini ialah bawahan dari seorang dokter. Menyuruhnya untuk membeli persediaan makanan seperti makanan kalengan, cemilan, sarden hingga kornet. Sehingga dalam troli yang dibawahnya, sudah ada 10 makanan ringan hingga puluhan makanan kalengan. Jenis makanan kaleng yang dipilih ialah makanan yang bisa disimpan lama hingga makanan cepat saji.