6 Tips yang Perlu Diperhatikan saat Unboxing Handphone

177

Setiap barang tentunya memiliki kemasan sebagai pembungkusnya. Hal tersebut juga berlaku untuk setiap penjualan handphone dengan menyiapkan kotak untuk melindungi seluruh komponen handphone. Apalagi handphone yang dibeli tersebut merupakan handphone baru yang benar-benar tidak pernah disentuh sama sekali.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan ketika melakukan unboxing handphone atau lebih dikenal dengan eksekusi membuka kotak handphone. Ya, hal ini berupaya untuk mencegah kerusakan dan melindungi konsumen. Lebih lagi handphone tersebut dibeli melalui situs online yang memungkinkan resiko kerugian akan lebih besar. Untuk mengatasi berbagai kemungkinan buruk, berikut adalah beberapa tips yang harus dilakukan ketika melakukan unboxing handphone.

1. Pastikan Handphone yang Dibeli Tersebut Bukanlah Jenis Handphone Ilegal

Hal yang pertama yang harus Anda lakukan ketika melakukan unboxing handphone adalah dengan memastikan handphone yang dibeli bukanlah produk yang illegal. Meskipun handphone tersebut menawarkan harga yang jauh lebih murah, namun resiko yang akan ditimbulkan nantinya sangat mengganggu Anda dikarenakan pemblokiran pada Imei atau seri handphone. Hal tersebut tentunya akan membuat handphone Anda tidak mampu mengakses apapun.

2. Periksalah Seluruh Kelengkapan Handphone 

Setelah memastikan handphone yang dibeli adalah produk yang jelas, langkah selanjutnya adalah memeriksa seluruh kelengkapan handphone. Beberapa kelengkapan tersebut meliputi charger, earphone, buku petunjuk, surat-surat garansi, struk pembelian, dan keadaan handphone. Pastikan juga kondisi handphone tersebut berada dalam keadaan baik tanpa lecet sedikit pun.

3. Jangan Lupa Untuk Mengisi Daya Terlebih Dahulu

Meskipun handphone saat ini sudah dapat digunakan setelah unboxing, ada baiknya untuk mengisi daya terlebih dahulu. Hal ini dapat berguna untuk menjaga kestabilan handphone.

4. Perhatikan Data-data yang Tertera Pada Kotak Handphone

Data-data yang tertera pada kotak handphone pada umumnya berisikan informasi mengenai handphone. Hal tersebut meliputi tanggal produksi, tipe dan model handphone, spesifikasi, dan lainnya. Sebelum melakukan pembelian, data-data yang tertera pada kotak tersebut dapat dijadikan sebagai acuan pembelian.

5. Pilih dan Upgrade Aplikasi yang Akan Digunakan

Aplikasi merupakan komponen penting yang harus ada dalam handphone. Untuk menjaga keamanan handphone, unduhlah aplikasi dengan jalan yang aman dan resmi. Selain itu, dalam memindahkan aplikasi pun juga mesti dipilih agar tidak mengandung mailware. Agar kinerja handphone berada dalam keadaan yang optimal, lakukan upgrade aplikasi. Hal tersebut juga berguna untuk menunjang penggunaan aplikasi agar lebih optimal.

6. Lengkapi Handphone dengan Pelindung

Salah satu kekurangan handphone masa kini adalah rentan terjadinya kerusakan pada layar. Hal tersebut mengacu pada layar yang sensitif dan mudah terlepas dari genggaman. Meskipun terkadang beberapa produsen menyiapkan screen guard, tak ada salahnya untuk melapisinya agar mendapatkan keamanan ganda. Untuk menjaga keamanan tersebut, lengkapi handphone dengan screen guard dan soft case.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat dilakukan ketika melakukan unboxing handphone. Meskipun memiliki handphone baru beresiko, Jangan buru-buru membuka kemasan handphone ya. . . Pastikan Anda sudah memastikan handphone yang dibeli adalah produk aman dengan memperhatikan seluk-beluk handphone tersebut.