Tips Mengelola Keuangan Setelah Gajian

17

Para pekerja biasanya sangat senang jika sudah berada di akhir bulan dan awal bulan. Kenapa ? Iya biasanya di tanggal-tanggal ini para pekerja mendapatkan hasil keringatnya atau yang biasa kita sebut dengan gaji. Gaji sendiri diibaratkan sebagai hasil panen, karena telah sebulan bekerja menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan.

Sadar atau tidak terkadang untuk mendapatkan gaji para pekerja harus sabar menunggu, karena biasanya atau umumnya gaji diberikan dalam waktu satu bulan setelah para pekerja selesai menyelesaikan kewajibannya.

Nah, dibalik lamanya menunggu gaji biasanya setelah penerimaan haknya tak butuh waktu lama untuo menghabiskannya. Waktunya juga tak lama, antara kurun waktu beberapa hari atau bahkan beberapa jam saja. Iya, hal ini bisa saja terjadi jika kita tidak mengelola uang dengan baik.

Nah, supaya gajimu tidak habis dalam sekejap berikut ini ada tips dan trik untuk kamu yang masih suka bingung dengan gaji kamu. Mau tau caranya ? Ini dia tipsnya.

  • Selesaikan yang menjadi prioritas

Nah, kalau sahabat dori punya tagihan dan tanggungan lainnya ada baiknya kamu catat dan selesaikan terlebih dahulu. Ini tuh penting banget sahabat dori, dari sini kamu bisa mencatat berapa sisa uang yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan lainnya.

  • Nabung

Jangan lupa sisihkan sedikit uangmu untuk ditabung. Nggak ada ruginya kok kalau kamu mau nabung sedikit sajaa di tiap bulannya. Hitung-hitung buat simpanan ketika kamu benar-benar nggak megang uang sama sekali.

  • Usahakan punya dua atm

Buat kamu yang katanya masih suka bingung ngatur keuangan, nggak ada salahnya kamu punya 2 atm. Di mana yang satu khusus untuk tabungan dan yang satu untuk kebutuhan hidupmu selama sebulan ke depan.

  • Jangan mudah tergiur barang

Ketika kamu lewat di pusat perbelanjan dan melihat ada barang yang bagus. Coba pikir lagi, seberapa penting dan perlu kamu membeli barang tersebut.

Catat apa saja yang menjadi kebutuhanmu selama sebulan
Ini poin terpenting juga sahabat dori, dalam satu bulan kamu harus mencatat kebutuhanmu apa saja. Dengan begitu, kamu bisa dong mengatur pengeluaran gajimu.

  • Sedekah

Jangan lupa sedekah ke orang lain. Ingat sebagian gajimu itu ada hak orang lain. Sisihkanlah sekian ribu, nggak ada ruginya kok.

Nah jadi bagaimana sahabat dori, apakah tips di atas sudah membantu ? Semoga bermanfaat.