Tips Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan Agar Tidak Bau Apek

23
mencuci baju

Sangat sering kita rasakan, setumpuk baju kucel dan apek saat musim hujan tiba. Karena intensitas matahari yang kurang juga disebabkan kelembapan udara yang lebih. Akhirnya mau tidak mau terpaksa kita membiarkan penampilan kita kurang menarik bahkan membuat diri sendiri kurang percaya diri. Agar hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya simak artikel berikut yuk:

  • Mencuci dengan benar

Langkah pertama agar dapat menghindari bau apek pada baju saat musim hujan tiba adalah dengan mencuci pakaian secara benar. Yang pertama yaitu pisahkan antara pakaian yang cenderung luntur dengan pakaian berwarna putih dan polos. Kemudian, sebelum mencuci rendamlah pakaian kotor ke dalam air dengan diberi detergen sedikit. Fungsinya adalah menggelontorkan kotoran yang menempel pada baju, selain itu mempermudah dalam saat mengucek. Setelah 15-20 menit pakaian direndam, segeralah dicuci dengan benar, mulai dari mengucek atau menyikatnya untuk menghilangkan noda. Tapi jangan terlalu keras ya, agar serat kain tidak rusak dan baju bisa awet.

  • Membilas pakaian sebanyak tiga sampai empat kali

Setelah dikucek, bilaslah pakaian 3 sampai 4 kali, agar baju benar-benar bersih. Karena tanpa kita sadari, salah satu penyebab pakaian berbau apek adalah karena sisa sabun dan kotoran seperti keringat masih menempel dan kurang bersih saat dibilas. Bilas dengan air mengalir ya.

  • Rendam dengan pewangi

Jika sudah dibilas, peras sampai air benar-benar habis pada pakaian. Tapi pelan-pelan saja ya saat memerasnya. Setelah itu rendam pakaian dengan pewangi. Diamkan kira-kira 10-15 menit. Jangan terlalu lama merendamnya. Jika sudah, peraslah pelan-pelan dan pastikan sebelum menjemur pakaian benar-benar tidak banyak mengandung air.

  • Jemur di tempat terbuka

Ini adalah faktor penting agar pakaian bisa kering sempurna dan tidak berbau apek. Jangan mendiamkan pakaian yang sudah dibilas terlalu lama. karena dapat menyebabkan bakteri tak kasar mata berkembang dan memicu bau kurang sedap pada pakaian.

Jika bisa, jangan menjemur baju di bawah panas matahari secara langsung, melainkan di tempat yang teduh yang memiliki sirkulasi udara yang cukup. Jika terpaksa menjemur pakaian di dalam ruangan, usahakan carilah tempat yang dekat dengan tempat keluar masuknya ventilasi udara seperti jendela atau kalau tidak bisa diangin-anginkan dengan bantuan kipas angin.