Tips Memilih Makanan yang Halal Bagi Muslim

28
makanan halal

Semakin banyaknya jenis makanan dan minuman kekinian sudah seharusnya semakin kritis pula kita menyeleksi apa yang dikonsumsi. Jangan sampai karena tren membuat kita mudah tergiur untuk mencoba tanpa mengecek kehalalan produk tersebut.

Halal memang tidak terbatas pada barang fisiknya saja tetapi juga bagaimana cara mendapatkan. Namun, dalam hal ini yang menjadi perhatian adalah produk itu sendiri. Dalam Islam mengonsumsi sesuatu yang halal adalah wajib. Sebagaimana firman Allah :

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS: Al-Baqarah: 168).

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum membeli atau mengonsumsi makanan dan minuman kekinian :

  • Cek Logo Halal MUI

Indonesia memiliki lembaga yang mengurus hal ini yaitu MUI. Biasanya resto – resto atau outlet akan memajang logo halal MUI sehingga calon konsumen tahu bahwa makanan atau minuman yang dijual sudah bersertifikat halal. Kita juga bisa mengeceknya melalui akun official produk.

 Untuk lebih meyakinkan, MUI juga memfasilitasi via website. Kita tinggal membuka web www.halalmui.org dan mengetik nama produk yang diinginkan. Maka akan muncul informasi lengkap tentang produk tersebut. Makanan yang sudah terdaftar akan memiliki nomor sertifikat MUI. Jika tidak ditemukan, ada beberapa kemungkinan yaitu produk memang belum didaftarkan, sedang proses pengajuan sertifikat halal atau masa berlaku sertifikat halal MUI sudah habis.

  • Bertanya kepada Penjual atau Pelayan

Tidak perlu ragu mencari tahu dahulu daripada kita menyesal di akhir. Bertanya kepada penjual juga bukan menjadi hal yang tabu kok. Ini adalah hak kita sebagai konsumen. Tentunya bertanya dengan kalimat baik ya, dear. Kita juga bisa bertanya melalui komentar atau DM ke official akun email juga, lho. Lebih praktis. Apalagi kita ingin pesan online. Hanya perlu bersabar menunggu balasan.

  • Melihat Pemilik Usaha

Ini adalah salah satu cara mengetahui apakah makanan atau minuman yang dijual menggunakan bahan – bahan yang halal atau tidak. Jika tidak menemukan logo halal, tetapi masih penasaran untuk mencoba. Background pemilik usaha biasanya mencerminkan apa yang ia jual.  Lebih yakin lagi apabila dekat dengan pemilik usaha, tentu mudah menanyakan apakah yang dijualnya bukan.

Sekali lagi, kita tidak perlu ragu bertanya kepada penjual. Bisa saja dengan kita bertanya, pemilik usaha akan terdorong untuk mengurus sertifikat halal. Hal ini juga bisa kita lakukan untuk produk non makanan juga karena sudah sepantasnya apa yang kita konsumsi adalah yang halal lagi tayyib agar menjadi berkah bagi tubuh.

Semoga ke depannya  kita tidak repot mencari produk yang berlogo halal tetapi cukup menghindari produk berlogo non halal atau haram saja. Halal is My Way.