Tips Memilih Gorden Ala Anak Kost, Design Minimalis tapi Bagus

28
Photo by Eduard Militaru on Unsplash

Jendela merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam suatu hunian. Tidak terkecuali bagi para penghuni kost. Meskipun tidak jarang penghuni kost yang mengabaikan hal ini. Bahkan dalam beberapa kasus jendela tidak berfungsi sesuai fungsinya. Keberadaan jendela atau ventilasi udara pada dasarnya juga memiliki peran dalam kenyamanan kalian di kamar, loh.

Selain sebagai tempat pertukaran udara, jendela juga bisa menjadi menarik jika kalian bersedia meluangkan waktu untuk mendekorasinya. Salah satu cara agar jendela kalian menjadi lebih hidup adalah memasang gorden.

Tetapi sebelumnya pastikan jangan salah pilih gorden. Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian coba untuk memilih gorden.

  • Motif

Pastikan memilih motif yang membuat jendela kalian tampak lebih hidup. Gorden dengan motif-motif lucu bisa dijadikan alternatif untuk pilihan ini. Misalnya motif polkadot dengan warna-warna ceria atau pola kotak-kotak. Jika kalian pecinta suasana natural, motif-motif seperti dedaunan dan bunga juga bisa menambah kesan alami untuk kamar kalian.

Kalian menyukai hal-hal yang anti menstream? Cobalah menggunakan gorden dengan motif abstrak. Perlu diingat juga bahwa gorden dengan motif detail sangat cocok diaplikasikan terhadap jendela berukuran kecil.

  • Warna

Pada dasarnya persoalan warna tergantung selera penghuni kamar. Akan tetapi kalian bisa mencoba beberapa tips ini dalam memiih warna gorden untuk jendela kecil. Hindari menggunakan warna-warna gelap terutama untuk jendela tunggal.

Warna gelap akan memberi kesan suram pada jendela berukuran kecil terlebih lagi jika itu satu-satunya jendela di kamar kalian. Perpaduan antara warna netral atau soft dengan cerah akan membantu untuk menghidupkan suasana.

Misalnya memadukan warna hijau soft dengan orange cerah yang disertai pola-pola abstrak. Kalian juga bisa bermain di warna jika kurang menyukai gorden bermotif. Perpaduan warna monokrom seperti hitam putih akan membuat jendela kalian tampak lebih hidup.

  • Ukuran

Ukuran gorden bisa menyesuaikan dengan desain barang-barang di kamar kalian. Misalnya kalian adalah pribadi yang tidak suka ribet dan hanya menyimpan tempat tidur di kamar. Gorden menjuntai hingga lantai bisa dijadikan pilihan.

Menyimpan meja di bawah jendela? Kalian bisa memadukan antara inner gorden yang sebatas jendela serta outer panjang. Pastikan untuk memilih gorden cerah untuk ukuran yang sebatas dengan jendela.

Nah, itulah beberapa tips untuk kalian saat memilih gorden. Gorden apapun yang kalian pilih, terlepas dari motif, warna, dan ukuran, pastikan kalian nyaman dengan itu. Semoga bermanfaat.