Tips Hemat Ala Anak Kost yang Perlu Dicoba

32
anak kost

Hidup di tanah perantauan bukanlah hal mudah. Getir, asam, garamnya hidup mau tidak mau harus di lalui sendiri. Dituntut menjadi pribadi yang mandiri dan tahan banting sudahlah hal biasa. Bagaimana tidak. Jauh dari orang tua dan berkumpul Dengan lingkungan baru mau tidak mau harus dijalani. Terlebih harus bisa mengatur jalannya keuangan dengan sebaik mungkin agar bertahan hidup. Jika tidak, terpaksa harus pinjam uang sana sini. Mau telepon orang tua dan minta di transfer uang sepertinya bukan cara yang tepat. Berikut cara tepat hemat ala anak rantau yang bisa kamu coba:

  • Memilih tempat kost yang dekat dengan kantor atau kampus

Langkah pertama tips hemat ala anak rantau adalah dengan memilih tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja atau kampus. Kenapa demikian? Sebab jika letak kostmu jauh dari kampus atau tempat kerjamu, terpaksa kamu harus naik angkutan umum atau menggunakan kendaraan. Sementara jika diakumulasikan selama satu bulan uang transportasi yang kamu keluarkan cukup banyak.
Selain itu agar lebih efisien dan hemat waktu bukan?

  • Masak sendiri

Apa hubungannya memasak dengan urusan hemat? Pasti ada lah. Jika benar-benar ingin keuangan tetap terjaga dan tidak menyusahkan diri sendiri. Wajib sekali kamu bisa memasak sendiri olahan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Kenapa demikian? Sebab coba saja kamu akumulasikan pengeluaranmu selama satu bulan jika terus-menerus makan di luar. Pasti akan membuncit dompetmu.

  • Jangan ke restoran mahal setiap hari

Jika kamu memiliki kendala belum piawai memasak, jangan khawatir. Masih ada aplikasi di internet yang menyediakan tutorial masak dengan mudah dan simpel. Hitung-hitung belajar buat bekal membangun rumah tangga besok.

  • Menjadikan sepeda sebagai alat transportasi utama

Selain hemat juga sehat lho, pergi kemana-mana dengan sepeda onthel. Selain itu juga bisa dijadikan media untuk refreshing.
Tidak perlu malu atau minder ya sahabat dori, tidak ada salahnya kamu mengandalkan sepeda onthel untuk membantumu melakukan aktivitas harianmu. Lebih menguntungkan.

  • Membawa bekal

Meskipun sedikit ribet, tapi tidak apa-apalah. Tujuannya untuk menghemat pengeluaran, sekaligus membiasakan hidup sehat.
Membawa bekal makan siang baik nasi, maupun makanan yang lain akan lebih mengasyikkan lebih praktis dan menyenangkan. Sekaligus, kamu bisa menghindari kebiasaan jajan sembarangan dan kamu pun tahu zat apa saja yang terkandung dari makanan yang kamu olah sendiri untuk menjadi bekal.

Itulah sahabat dori artikel tentang tips hidup hemat ala anak kos. Semoga Bermanfaat.