Tips Agar Nyaman dan Mudah Adaptasi dengan Teman Kerja Baru

18
adaptasi dengan teman baru

Memasuki tempat kerja yang baru sama artinya akan menemukan babak baru dalam hidup. Selain akan membiasakan diri dengan rutinitas baru, juga akan membiasakan diri dengan lingkungan baru termasuk dunia pertemanan, rekan kerja, atasan, dan tantangan baru yang siap menanti.

Perasaan grogi dan serba salah pastinya akan menyelimuti diri sendiri di hari pertama saat di kantor. Takut salah menempatkan diri, bahkan gagal adaptasi menjadi momok yang terus menghantui. Agar nyaman dan mudah adaptasi dengan teman kerja baru, yuk simak artikel ini :

  • Membangun relasi pertemanan yang banyak

Teman adalah salah satu aspek penunjang nyaman tidaknya tinggal di suatu lingkungan. Begitupun di lingkungan kerja. Tidak ada salahnya menjalin hubungan pertemanan dengan siapapun di tempat kerja. Terbuka dan saling bertukar informasi. Agar semakin dikenal dan mengenal. Ada baiknya menampilkan diri sebagai sosok yang ramah dan rendah hati. Agar semakin klik saat orang ingin mengenal kita.

  • Pandai memilih bahan obrolan

Membicarakan beberapa hal yang di sukai maupun yang sedang booming adalah salah satu cara agar mudah akrab dengan orang baru. Itu sebabnya, kamu harus bisa memilih bahan obrolan sesuai dengan tipe orang yang mengajakmu bicara. Jika sedikit kesulitan, persiapkan dulu bahan obrolan apa yang akan digunakan saat bercengkrama dengan senior. Coba cek apa saja yang sedang banyak dibicarakan sebagian banyak orang, makanan yang lagi hits atau berita terkini yang lagi segar.

  • Sopan kepada semua orang

Attitude adalah mata uang yang berlaku dimana-mana. Dengan cara bersikap yang rendah hati dan selalu menghargai orang lain membuat diri sendiri memiliki nilai lebih di mata orang lain. Begitupun di tempat kerja baru.

Kamu harus memiliki kesopanan tinggi. Luwes dengan siapapun dan pandai memilih sikap. Agar rekan kerja barumu menyukaimu dan menghargaimu. Dengan begitu, orang lain akan nyaman berinteraksi denganmu tanpa berpikir panjang.

  • Ringan tangan

Jika kamu mempermudah pekerjaan orang lain, niscaya suatu hari kamu pun akan dipermudah orang lain. Jangan canggung-canggung memberi bantuan kepada orang lain. Seperti membawakan berkas ke ruang kerja, membantunya membenarkan komputer jika tidak bisa dan masih banyak lainnya. Dengan pembawaanmu yang selalu ramah dan supel dengan semua orang akan mempermudahkanmu nyaman dan akrab dengan teman kerja dan lingkungan.

Jika kamu mau membantu temanmu dalam kesulitan, pasti suatu hari lagi kamu akan dibantunya juga.