Tips Agar Anak Tidak Masuk Angin Saat Berenang

37

Berenang merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan. Lebih lagi olahraga ini sangat digemari oleh anak-anak. Ini karena anak-anak memang sangat gemar bermain air dan menghabiskan waktu di air. Namun, apakah berenang merupakan olahraga yang aman bagi anak? Tidakkah berenang menimbulkan efek samping bagi anak?

Sebenarnya, berenang dapat menjadi penyebab beberapa penyakit dikarenakan masuk angin. Namun, masuk angina dapat dicegah dengan menerapkan beberapa langkah. Berikut adalah tips agar anak tidak masuk angina saat berenang.

1.Usahakan Untuk Makan Sebelum Berenang

Sebelum memutuskan berenang, ajaklah anak untuk makan terlebih dahulu. Jangan biarkan anak berenang dalam keadaan perut kosong. Hal tersebut akan sangat berbahaya bagi anak hingga mengakibatkan masuk angin. Agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan anak berada dalam keadaan perut yang terisi dalam menjalani kegiatan apapun. Jika diperlukan, sediakan bekal untuk persiapannya setelah berenang.

2.Perhatikan suhu Tubuh Anak Sebelum Berenang
Selain mempersiapkan makanan anak, penting kiranya untuk memeriksa kesehatan tubuh anak terlebih dahulu. Ini dilakukan agar keadaan anak tidak bertambah buruk atau menghindari anak terkena masuk angin setelah berenang. Lebih lagi, kondisi anak yang tidak sehat akan memudahkan perkembangan penyakit jika bersentuhan langsung dengan air dalam kurun waktu yang cukup lama.

3.Persiapkan Segala Kebutuhan Berenang
Sebelum berenang, pastikan semua perlengkapan berenang anak berada dalam keadaan yang lengkap. Mulai dari baju renang, baju ganti, kacamata, obat-obatan, dan perlengkapan berenang lainnya. Kurangnya perlengkapan renang seperti kacamata akan membuat penglihatan di dalam air tidak maksimal hingga memngganggu kesehatan lainnya. Ditambah lagi jika tidak menyiapkan baju ganti yang akan memudahkan anak untuk masuk angin.

4.Periksa Kembali Peralatan Berenang
Setelah mempersiapkan apa yang dibutuhkan oleh anak, jangan lupa untuk memeriksa ulang apa yang menjadi kebutuhan anak. Pastikan bahwa tidak ada satu pun persiapan berenang anak yang tertinggal.

5.Tetapkan Waktu dan Durasi Berenang Secara Optimal
Meskipun masuk angin merupakan salah satu penyakit yang ringan, namun dampak yang ditimbulkan olehnya tergolong sangat mengganggu kondisi fisik anak. Oleh karenanya, perhatikan waktu dan durasi berenang anak. Pilihlah waktu yang sangat sesuai dengan keadaan cuaca misalnya antara siang dan sore hari agar tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Selain itu, durasi berenang juga perlu diperhatikan agar anak tidak terlalu lama berada di air. Upayakan untuk menentukan durasi yang tidak terlalu lama meskipun kenyataannya anak-anak sangat menyukai kegiatan yang bersentuhan dengan air.

6.Beri Pengertian Agar Si Kecil Berhati-hati Ketika Berenang
Seluruh poin-poin di atas merupakan cara yang dapat dilakukan agar anak tidak masuk angin saat berenang. Poin tersebut tidak dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya jika sang anak tidak diberikan pengertian terlebih dahulu. Terangkan pada anak agar senantiasa menyiapkan perlengkapan berenang, makan sebelum berenang, dan berhati-hati ketika berenang.

Tidak hanya berbahaya, ceroboh dalam berenang akan mengakibatkan berbagai hal yang tidak diharapkan seperti luka dan masuk angin. Ada perlunya untuk menemani anak berenang agar apapun yang terjadi pada anak selalu berada dalam kontrol orang tua.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat diterapkan agar anak tidak masuk angin saat berenang. Hal yang terpenting adalah selalu berusaha untuk mendampingi kegiatan anak agar anak merasa nyaman dan aman.