Tips Agar Anak Cepat Membaca

19

Membaca adalah sumber ilmu. Pepatah lama tersebut memang sangat mencerminkan eksistensinya dalam kehidupan. Betapa tidak, dengan membaca akan memudahkan seseorang untuk “menatap” dunia. Lalu, bagaimana caranya untuk mengajarkan anak membaca?

Seperti yang diketahui bahwa mengajarkan anak membaca adalah kegiatan yang tergolong membosankan. Lebih lagi, tidak semua anak menyukai kegiatan membaca. Namun, ada beberapa cara yang tepat yang dapat dijadikan sebagai referensi agar anak cepat membaca.

Sebelum Melakukan Kegiatan Membaca, Perhatikanlah Hal-hal Berikut Ini.

  1. Kenali Usia Anak
    Sebagai orang tua, hendaknya kita memahami bahwa membaca bukanlah proses yang instan. Bahkan, cepat atau lambatnya anak membaca bergantung pada tahapan usia sang anak. Oleh karenanya, orang tua diharapkan mengerti tentang pencapaian kemampuan membaca anak pada setiap rentang usianya.
  2. Jangan Memaksakan Kehendak Diri Pada Anak
    Poin ini memiliki keterikatan dengan poin sebelumnya di mana usia anak menjadi penentu kemampuan membaca anak. Berdasarkan hal tersebut, orang tua diharapkan untuk mengajarkan anak membaca dengan penuh kelembutan dan tidak memberi kesan memaksa.
  3. Pahami Titik dan Durasi Fokus Anak
    Ketika membaca, anak akan mengalami fase jenuh dan malas. Hal tersebut terlihat jelas ketika anak sudah tidak bergairah lagi untuk meneruskan belajar membaca. Oleh karenanya, orang tua diharapkan untuk tidak lupa menetapkan durasi dan waktu belajar yang tepat bagi anak.
  4. Lakukan Kegiatan Membaca Secara Berkelanjutan
    Walaupun durasi belajar membaca bagi anak tidak berlangsung lama, usahakan kegiatan membaca dapat dilakukan di setiap hari. Agar anak tidak merasa bosan, integrasikan kegiatan bermain anak dengan menyelipkan proses membaca.

Terapkanlah Kegiatan Membaca yang Menyenangkan dengan Poin-poin Berikut Ini.

  1. Pilihlah Kegiatan Membaca Cerita Bersama Anak
    Membacakan cerita adalah kegiatan yang mampu merangsang minat baca anak. Kemampuan literasi anak pun dapat terpacu dengan baik melalui kegiatan ini. Selain itu, membacakan cerita kepada anak juga merangsang anak untuk berpikir kritis.
  2. Bermain Puzzle Huruf yang Inovatif
    Kegiatan menyenangkan sebagai pendamping kegiatan membaca adalahbermain puzzle. Selain dapat memicu minat baca anak, anak juga lebih mudah mengenal huruf dan semua hal yang berkaitan dengan kegiatan literasi.
  3. Kombinasikan Kegiatan Membaca dengan Hobi Anak
    Tidak dapat dipungkiri bahwa membaca adalah kegiatan yang membosankan. Untuk mengatasi rasa bosan tersebut, Anda dapat mengaitkan hobi anak dengan kegiatan membaca. Ini akan menjadi kegiatan membaca yang menyenangkan bagi anak.

Selain Memilih Kegiatan yang Menyenangkan, Gunakan Metode Pembelajaran yang Mudah dan Familiar Bagi Anak.

  1. Metode Glenn Doman
    Metode membaca cepat ini dikenalkan oleh Glenn Doman. Awalnya, metode membaca ini diterapkan khusus pada anak yang menderita kelainan pada kinerja otak. Penerapan metode ini dapat memudahkan anak untuk menguasai banyak kosakata dalam waktu yang singkat.
  2. Gunakan Flash Card
    Flash card dapat dijadikan alternatif membaca dengan memanfaatkan flash card huruf, perpaduan gambar dan huruf, atau flash card dengan penggalan huruf. Kebutuhan flash card dapat disesuaikan dengan usia anak.
  3. Manfaatkan Buku Cerita Bergambar
    Meskipun buku cerita bergambar tidak menyimpan banyak kata, namun gambar yang tertera di sana mampu merangsang kemampuan literasi anak. Anak akan bercerita dengan melihat gambar-gambar yang tersaji di sana. Namun, Anda tidak boleh memrotes anak jika cerita mereka tidak sesuai dengan versi yang ada di buku tersebut.
  4. Adakalanya Aplikasi Mambaca di Smartphone Sangat Membantu
    Saat ini, smartphone tidak hanya digunakan untuk kegiatan berkomunikasi. Sesuai dengan namanya, smartphone dapat digunakan untuk beragam kebutuhan seperti membaca. Anda cukup mengunduh dan memasang aplikasi yang dirasa cocok untuk membantu anak agar cepat membaca.
  5. Selingi Kegiatan Membaca dengan Kegiatan Lainnya
    Sama dengan poin sebelumnya, membaca tidak hanya berlangsung dengan kegiatan yang itu-itu saja. Selingi kegiatan membaca dengan mendengarkan, menulis, ataupun berbicara. Yang terpenting adalah bagaimana caranya kita sebagai orang tua memicu motivasi anak untuk menyenangi kegiatan membaca.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat dilakukan agar anak cepat membaca. Hal yang perlu menjadi acuan adalah imbangi fokus anak dan terapkan kebiasaan membaca setiap hari dengan durasi sesuai rentang fokus anak.