Tidak Mau Terkena Bisul? Kurangi Mengonsumsi 4 Makanan Pemicu Bisul Berikut Ini

21

Siapa sih yang tidak terganggu jika muncul bisul pada tubuh? Selain karena terasa sakit, juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang berisi nanah. Benjolan ini bisa muncul akibat infeksi bateri. Bagian tubuh yang sering menjadi tempat tumbuhnya bisul adalah wajah, leher, bahu, ketiak, bokong, dan paha. Terjadinya bisul pada area tersebut adalah karena seringnya mengalami gesekan dan berkeringat.

Selain benjolan merah pada kulit, ada juga tahap awal yang biasanya terjadi, yaitu bisul yang kecil dengan kulit di sekitar benjolan memerah, bengkak, dan terasa hangat jika disentuh. Artinya bahwa infeksi telah menyebar ke sekeliling kulit. Biasanya bisul tidak perlu penanganan medis oleh dokter. Sebab, bisul dapat sembuh dengan sendirinya.

Penyebab terjadinya bisul adalah adanya bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini dapat ditemukan di kulit dan di dalam hidung. Infeksi akan terjadi apabila bakteri masuk hingga ke folikel rambut melalui gigitan serangga atau luka gores. Bisul tak mengenal orang dan usia, ia dapat menjangkit siapa pun.

Bisul juga bisa terjadi dari makanan. Nah, berikut ini ada beberapa makanan yang dianggap menjadi penyebab timbulnya bisul.

  1. Telur

Ini dia yang paling sering kita dengar, yaitu kebanyakan makan telur bisa menyebabkan bisul. Sejak dahulu, orang tua memercayai bahwa telur menjadi salah satu penyebab tumbuhnya bisul. Padahal tidak demikian, justru telur memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

  • Gula

Gula digadang-gadang menjadi salah satu penyebab tumbuhnya bisul. Di dalam gula, terdapat glikemik yang sangat tinggi. Artinya, mengonsumsi gula dapat membuat gula darah pada tubuh melonjak naik dan membuat kerja insulin tubuh semakin berat. Semakin berat kinerja insulin, semakin mudah memicu hormon yang dapat menghasilkan kalenjar minyak.

  • Makanan Berlemak

Mengonsumi makanan berlemak yang digoreng menggunakan lemak jenuh dan minyak nabati olahan dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan mirip insulin. Hormon inilah yang menyebabkan folikel kulit mudah terinfeksi bakteri dari luar, seperti bakteri staphylococcus.

  • Susu

Susu juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya bisul. Karena bisul adalah infeksi kulit, biasanya bisul akan timbul pada anak yang alergi terutama protein dan susu. Ditambah lagi dengan kurangnya menjaga kebersihan tubuh. Untuk mengatasi masalah bisul yang disebabkan oleh susu, dapat diimbangi dengan asupan sayur ataupun buah, serta mengganti susu dengan susu rendah lemak.

Tak hanya karena makanan, bisul juga dapat muncul karena kurangnya nutrisi seseorang. Asupan gizi yang buru dapat memicu berbagai macam penyakit dan berkurangnya sistem imun, sehingga lebih mudah terserang bakteri. Satu lagi adalah kurangnya menjaga kebersihan tubuh. Kondisi tubuh yang kotor dan jarang dibersihkan adalah tempat yang nyaman bagi bakteri untuk menetap.