Tidak Bisa Lanjut SKB, Berikut yang Harus Kalian Tanamkan Dalam Hati!

14

Beberapa bulan terakhir kita semua disibukkan dengan hiruk pikuk Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS, yang serentak diselenggaran disetiap wilayah Indonesia.

Hampir seluruh masyarakat menyambutnya dengan antusias dan tidak lupa mempergunakan kesempatan ini sebaik – baiknya untuk mencoba keberuntungan dengan mengikuti seleksi.

Mulai dari tahap pendaftaran – seleksi adminitrasi hingga Tes SKD dilangsungkan dari tanggal 29 Oktober sampai 17 November terhitung ada ribuan peserta setiap harinya di lokasi tes.

Setelah seleksi Kompetensi Dasar usai tahap perankingan dilakukan untuk mengetahui siapa yang berkah lanjut ke tahap selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang.

Untuk pengumumannya sendiri baru saja beberapa hari yang lalu pada setiap instansi, dari ribuan peserta yang melamar tiap instansi hanya tersisa 1 – 3 orang untuk setiap jabatan yang diambil. Tentunya ada banyak orang tua yang sedih melihat anaknya tidak bisa mengikuti seleksi berikutny.

Kemudian tentunya ada peserta terlalu larut dalam kesedihan namun, tidak sedikit dari mereka dapat menerima hasilnya dengan lapang. Ada beberapa hal yang harus kalian sadari agar tidak merasa berlebihan dalam bersedih :

  1. PNS bukanlah pekerjaan satu – satunya

Jangan putus asa! Di Indonesia ada banyak pekerjaan yang bisa kalian geluti tidak harus dikantor ataupun perusahaan. Jika kalian memiliki ide – ide kreatif mulai kembangkan sehingga dapat menjadi pekerjaan buat kalian dan bahkan bagi orang – orang sekitarmu. Ingatlah semua pekerjaan itu baik asal halal.

  1. Masih ada Penerimaan CPNS tahun – tahun berikutnya

Sudah cukup sedihnya, penerimaan CPNS tidak berlangsung sekali dalam seumur hidup. Tahun – tahun depan pastinya akan diselenggarakan kembali oleh pemerintah. Maka semakin matangkan tekat dan belajarmu mulai sedari sekarang!

  1. Keberuntunganmu bukan di sini

Atas segala doa dan usaha yang kalian lakukan untuk mengikuti seleksi CPNS tentunya hasil akhir tetap diserahkan kepada Sang Pencipta. Jika kalian tidak dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya (SKB) bukan berarti kamu bodoh. Semua karena, keberuntunganmu tidak disini. Mungkin di kesempatan lain setelah ini?

  1. Mimpimu lebih dari satu

Saat kesempatan tidak berpihak kepadamu bukan berarti perjalanan hidupmu berhenti, bukankah cita – citamu lebih dari satu? Kegagalanmu di Seleksi CPNS tahun ini adalah kesempatan untuk mewujudkan mimpimu yang lain, jangan diam ditempat terlalu lama dan jangan bersedih terlalu ralut. Bangkitlah!!

  1. Percayalah, jika rejeki tidak akan kemana

Setiap orang memiliki masanya sendiri – sendiri, dalam hal kesuksesan, jodoh bahkan kematian semua telah ada yang mengatur. Saat kalian gagal berarti rejekimu belum diberikan tahun ini. Jika sudah ditetapkan entah kapanpun itu kalian akan mendapatkan apa yang di inginkan.