Tetap Berfikir Positif, Ini Dia 5 Hikmah Dibalik Musibah yang Perlu Kamu Ketahui

22

Hidup di dunia ini bukan hanya persoalan makan dan minum harus didapat dengan cara apa dan dari mana. Namun, lebih dari sekedar itu karena kita hidup didunia ini bukan hanya diciptakan untuk sibuk dengan perkara-perkara yang memberatkan hisab kita kelak di akhirat kelak, utamanya kita diciptakan didunia ini untuk beribadah kepada Allah dan hanya kepadanyalah kita menyembah dan meminta segala sesuatu. Namun, akhir-akhir ini kita dikagetkan oleh berbagai musibah yang tak dapat kita cegah, tak sedikit yang merasa khawatir dengan hadirnya musibah tersebut. Nah, tahukah kamu, setiap masalah atau musibah yang datang baik itu kecil maupun besar ternyata dibalik itu semua ada hikmahnya, mari kita simak:

1. Musibah Dapat Menghapus Dosa

Meskipun kita ditempa musibah tapi dibalik itu semua ada hikmahnya salah satunya adalah dapat menghapus dosa kita. Dalam sebuah hadis mengatakan: “Tidaklah seorang Mukmin tertusuk duri atau lebih dari itu, kecuali dengan itu Allah meninggikan dia satu derajat atau Allah menghapuskan dari dirinya satu dosa (HR Muslim, At-Tirmidzi dan Ahmad).

2. Mengembalikan Kesadaran Iman

Jika dengan cara halus iman kita tidak bisa kembali stabil atau sadar maka Allah bisa saja dengan mudahnya menegur kita agar iman kita stabil kembali. Baik itu dengan cara yang halus atau kasar. Allah berfirman: “Apakah kalian merasa aman dari (azab) Allah Yang (berkuasa) di langit saat Dia menjungkirbalikkan bumi bersama kalian. Lalu dengan itu tiba-tiba bumi berguncang? Ataukah kalian merasa aman dari (azab) Allah Yang (berkuasa) di langit saat Dia mengirimkan angin disertai debu dan kerikil Lalu kelak kalian akan tahu bagaimana (akibat mendustakan) peringatan-Ku? (QS al-Mulk: 16-17).

3. Musibah Menyempurnakan Iman

Selain menghapus dosa dan mengembalikan kesadaran iman, hikmah dibalik musibah adalah dapat menyempurnakan iman namun, dengan syarat seperti yang dikatakan oleh Rasulullah SAW. bersabda: “Tiada dianggap mukmin yang sempurna imannya orang yang tidak menganggap suatu bala’ sebagai sebuah kenikmatan, dan suatu kemudahan sebagai musibah. Para sahabat bertanya: Bagaimana itu ya Rasulullah? Rasul menjawab; “Karena tidak menyertai balak itu kecuali adanya kemudahan. Demikian juga dengan kemudahan itu akan disertai dengan musibah.”
(Ath-Tabrani).

4. Bencana Akibat Perbuatan Manusia dan Sebagai Peringatan Dari Allah SWT

Bisa jadi musibah yang selama ini kita rasakan mulai dari banjir, kebakaran, gempa hingga tsunami adalah salah satu bentuk peringatan Allah kepada hambanya agar lebih khusyuk beribadah dan tentunya bisa kembali ke jalan yang benar. Allah berfirman: “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar” (Qs Ar Rum: 41).

5. Tanda Semakin Dekatnya Hari Kiamat

Hari akhir pasti terjadi dan pasti akan terjadi orang beriman tentu meyakini itu. Boleh jadi, kejadian gempa yang telah melanda berbagai negara termasuk negara kita menandakan bahwasanya hari kiamat semakin dekat. Rasulullah Sallallahualaihi wasallam bersabda: “Tidak akan terjadi kiamat, sampai ilmu itu diangkat, waktu semakin pendek, banyak gempa bumi, fitnah meraja lela, dan banyak terjadi al-haraj.” Sahabat bertanya, apa itu al-haraj? Beliau menjawab: “Pembunuhan, pembunuhan”. (HR. Bukhari)

Maka dari itu, setelah mengetahui berbagai hikmah atau pelajaran dari berbagai musibah yang kerap terjadi dalam hidup kita dapat dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya. Berpikirlah untuk menjadi manusia yang lebih baik karena kita tidak tahu kapan ajal kita akan menjemput kita bisa jadi hari ini, jam ini atau bahkan detik ini. Namun apa yang akan di pertanggungjawabkan jika selama kita hidup didunia ini hanya kemaksiatan yang terus kita lakukan, tak ada cela untuk melakukan kebaikan. Semoga kita meninggal dalam keadaan khusnul khotimah aamiin, jangan lupa untuk saling mengingatkan dan saling berbagi. Semoga bermanfaat.