Ternyata Kebiasaan Ini Memicu Timbulnya Jerawat! Mana yang Sering Kamu Lakukan?

31
teenvogue.com

Salah satu masalah kulit yang paling sering dikeluhkan oleh wanita di Indonesia adalah jerawat. Jangan heran, hal ini memang dikarenakan kelembaban udara Indonesia yang tinggi sehingga memicu produksi minyak berlebih, terutama pada bagian wajah. Selain itu, faktor genetik dan hormon juga kadang memicu timbulnya jerawat.

Berbagai cara untuk mengurangi terjadinya jerawat dilakukan, seperti rajin cuci muka, menggunakan krim anti jerawat, dan menjaga pola makan. Semua dilakukan demi memiliki wajah mulus bebas jerawat.

Meskipun telah melakukan semua hal tersebut, tak jarang jerawat tetap muncul di saat yang tidak tepat. Mungkin kamu sampai berpikir keras, kira-kira apa  yang membuat jerawatmu itu muncul?

Nah, ini dia kebiasaan sehari-hari yang kadang tidak kamu sadari bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

1Stop menyentuh wajah dengan tangan!

Coba ingat, berapa kali dalam sehari kamu menyentuh wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu? Kebiasaan yang kamu anggap sepele ini ternyata menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat, lho.

Jika dilihat dengan mata telanjang mungkin tangan yang kamu gunakan untuk menyentuh muka terlihat bersih-bersih saja. Namun, apakah kamu sadar bahwa tanganmu telah meyentuh berbagai benda yang penuh dengan kuman?

Untuk itu kamu harus menjaga agar tanganmu tidak terlalu sering menyentuh wajah, karena ini bisa menjadi proses berpindahnya kuman di tangan ke wajahmu. Hindari juga memencet jerawat dengan tangan kosong, ini bisa menyebabkan bekas jerawat menghitam, lho.

Jika terpaksa melakukannya, sebaiknya kamu mencuci tangan terlebih dahulu atau gunakan tissue agar tanganmu tidak menyentuh langsung kulit wajah.

2Jarang mencuci rambut

Kamu pasti berpikir, apa hubungannya jarang mencuci rambut dengan jerawat di wajah? Ternyata sangat berkaitan, lho!

Terlalu sering keramas memang tidak baik, karena dapat mengikis minyak alami yang dihasilkan kulit kepala. Namun, bukan berarti kamu jadi jarang keramas. Letaknya yang tak jauh dari wajah membuat rambut sering menempel di wajah,apalagi kamu yang memiliki rambut panjang.

Karena itu, cucilah rambut secara teratur sesuai dengan kondisi kulit kepalamu untuk mencegah minyak dan kotoran pada rambut menempel di wajah. Usahakan gunakan sampo yang lembut dan pastikan juga kamu membilasnya dengan bersih, ya.

3Kapan terakhir kamu mengganti seprei?

Kasur ternyaman sekalipun ternyata bisa menjadi ancaman bagi wajah jika kamu jarang mengganti sepreinya. Seprei dan sarung bantal yang lama tak dicuci bisa menjadi sarang debu dan kuman.

Selain ancaman jerawat, jika kamu tidak rutin mengganti seprei dan sarung bantal kamu juga bisa saja terkena gangguan kulit seperti gatal-gatal karena kuman yang bersarang pada seprei menempel di kulitmu.

4Begadang jangan begadang

Hayo, siapa yang sering bekerja atau mengerjakan tugas sampai larut malam? Kadang demi mengejar deadline esok hari kamu sampai tidak tidur semalaman.

Tanpa kamu sadari, ternyata kurangnya jam tidur ini juga memicu timbulnya jerawat, lho. Hal ini karena saat kamu kurang istirahat, maka otak akan merasa depresi dan stress. Stres ini meningkatkan jumlah hormon kristol di dalam tubuh.

Hormon kristol yang berlebihan ini memicu peradangan atau inflamasi pada kulit.Selain itu, hormone ini juga memicu produksi minyak berlebih pada wajah.

Jadi jangan heran jika kamu begadang lalu beberapa hari kemudian ada jerawat muncul di wajahmu. Ini merupakan bentuk peradangan kulit yang disebabkan oleh hormone kristol tersebut.

Semua hal di atas adalah berbagai hal yang dekat dengan keseharianmu. Nah, sekarang jika di wajahmu timbul jerawat coba ingat-ingat lagi, adakah hal di atas yang sering kamu lakukan?