Ternyata Ini Alasan Rasulullah Menikahi Aisyah

56

Muslim mana yang tidak mengenal Aisyah? Aisyah merupakan satu-satunya istri Rasulullah yang dinikahi ketika masih gadis. Sosok Aisyah sebagai istri Rasulullah merupakan teladan bagi setiap muslimin.

Aisyah adalah anak dari Abu Bakar Al Shiddiq dan Ummu Ruman. Abu Bakar sendiri adalah sahabat terdekat Rasulullah yang sangat dipercaya. Berikut ini adalah alasan mengapa Rasulullah menikahi Aisyah:

1. Perintah Allah

Rasul pernah dimimpikan didatangi oleh malaikat Jibril. Ia membawa seorang wanita yang berbalutkan kain sutra hijau. Kemudian malaikat Jibril berkata, “Ia adalah calon istrimu kelak, di dunia dan di akhirat.” (HR. At Tirmidzi).

Dalam riwayat lain juga disebutkan bahwa Rasulullah bersabda, “Aku melihatmu dalam mimpiku selama tiga malam, ketika itu datang bersamamu malaikat yang berkata, ‘Ini adalah istrimu’. Lalu aku singkap tirai yang menyembunyikan wajahmu, aku pun berkata sesungguhnya hal itu telah ditetapkan di sisi Allah.” (Muttafaqun ‘alaih).

2. Cerdas

Rasul tidak pernah menikah dengan wanita yang bodoh. Seluruh istri yang beliau nikahi adalah wanita yang cerdas dan bijak, termasuk Aisyah. Aisyah sangat cerdas dalam beberapa bidang sehingga banyak orang yang mengagumi kecerdasan wanita ini, apalagi di jaman yang mana wanita masih sedikit sekali mempunyai peran.

Dari Urmah bin Jubair putra Asma bin Abu Bakr, keponakan Aisyah, ia kagum dengan kepintaran bibinya dalam mengobati orang yang sedang sakit. Suatu hari ia pun bertanya pada Aisyah, “Wahai bibi dari mana bibi mempelajari ilmu kesehatan?”

Aisyah alu menjawab, “Saat aku sakit, orang lain mengobatiku. Ketika orang lain sakit, aku pun mengobatinya. Selain itu, aku mendengar dari orang lain lalu aku menghafalnya.”

Ibnu Abdil Bar juga mengatakan, “Aisyah adalah satu-satunya wanita di zamannya yang memiliki kelebihan dalam tiga bidang ilmu, yakni ilmu fiqih, ilmu kesehatan dan ilmu syair.”

3. Wahyu turun bersama Aisyah

Aisyah dipersiapkan sebagai perawi, penyampai hadist Rasul di dunia. Kecerdasan yang ia punyai membuatnya terpilih sebagai pewaris Nabi. Apalagi Wahyu Allah selalu datang setiap kali Rasul sedang bersama Aisyah.

Rasulullah bersabda kepada salah satu istri beliau, “Sesungguhnya Allah tidak pernah menurunkan wahyu kepadaku ketika aku sedang berada di selimut salah seorang dari kalian selain Aisyah.” (HR. Al Bukhari).

4. Orang yang paling dicintai dari orang yang paling dicintai

Aisyah merupakan wanita yang paling dicintai oleh Rasulullah. Namun ternyata, Abu Bakar Ash Shiddiq juga merupakan sahabat yang paling beliau cintai.

Dari Amr bin Ash, ia bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, siapakah manusia yang paling engkau cintai?” Beliau menjawab, “Aisyah.” Amr bin Ash bertanya lagi, “(Siapa) dari kalangan laki-laki?”. Beliau menjawab, “Bapaknya (yakni bapaknya Aisyah; Abu Bakr Ash Shiddiq).” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

5. Memiliki keutamaan

Rasulullah bersabda, “Cukup banyak orang yang mulia dari kalangan laki-laki, namun yang mulia dari kalangan wanita hanyalah Maryam binti Imran dan Asiyah istri Fir’aun, dan keutamaan Aisyah atas semua wanita seperti keutamaan tsarid atas segala makanan.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Itulah 5 alasan mengapa Rasulullah menikahi Aisyah. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.