Ternyata, Emas Berkhasiat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

13

Emas, Bila kita mendengar emas tentu yang terpikirkan adalah gelang,cincin, kalung dan sebagainya. Pada dasarnya merupakan sebuah logam mulia,harga nya cukup mahal, tampilanya pun sangat indah, tak ayal bila emas sering digunakan sebagai perhiasan atau aksesoris. Namun ternyata ada penelitian yang menyebutkan bahwa emas dapat berpengaruh bagi kesehatan maupun kecantikan.

Seorang professor bakteriologi berkebangsaan Jerman Robert Koch, Berpendapat bahwa senyawa-senyawa pada emas dapat menghambat pertumbuhan bakteri basilus yang merupakan penyebab utama  tuberkulosis. Pada tahun 1890 lah pertama kalinya terapi menggunakan garam emas diperkenalkan. Lalu apalagi kegunaan emas pada kesehatan? Mari kita simak artikel berikut.

  • Media Kemoterapi Kanker

Mungkin jarang yang mengira kalau senyawa emas dapat digunakan untuk kemoterapi sel kanker. Memang tidak semua obat kanker terdapat kandungan logam, Namun kebanyakan proses kemoterapi memanfaatkan senyawa logam dalam pelaksanaanya.

Contohnya cisplatin, terdapat kandungan platinum didalamnya. Meski begitu, efek samping dari cisplatin ialah turut membunuh sel hidup bersamaan dengan sel kanker yang dapat berakibat kerontokan rambut.

Sedangkan solusi yang lebih baik, menggunakan nanopartikel pada emas dengan cara biokompatibilitas. Dengan begitu nanopartikel dapat diinjeksikan secara intravena yang nantinya bisa membunuh sel jahat seperti sel tumor. Emas juga bisa terdeteksi menggunakan X-ray, dengan begitu dokter dapat mengarahkan molekul dan senyawa emas kedalam satu atau dua milimeter sel tumor.

  • Pendeteksi HIV/AIDS

Peneliti dari Imperial College London mengemukakan pendapat yang juga mengejutkan. Ia meneliti senyawa nano pada emas dapat digunakan mencari posisi molekul tertarget dalam konsentrasi yang rendah. Keadaan ini mirip dengan keadaan virus HIV/AIDS pada tubuh.

Sehingga terapi ini memungkinkan untuk melakukan deteksi dini. Namun penelitian ini baru diaplikasikan pada hewan, karena para peneliti masih melakukan evaluasi secara menyeluruh. 

  • RDT ( Rapid Diagnostic test)

Nanoteknologi yaitu diagnostic menggunakan senyawa nano pada emas sudah menjadi sangat populer dewasa ini. Misal diagnostic malaria. Sudah sangat banyak diasnotic menggunakan emas sebagian kecil, untuk mendeteksi malaria.

  • Masker Kecantikan

Emas dibubukan hingga menjadi seperti tekstur garam. Lalu garam tersebut bisa digunakan sebagai masker, maka dari itu garam tersebut dapat mempercantik kulit. Resep ini sudah dipercaya sejak jaman cleopatra.

Banyak yang mengatakan rahasia kecantikan cleopatra salah satunya menggunakan garam emas sebagai masker wajah. Masker ini juga sudah cukup populer di eropa, banyak yang menggunakannya sebagai alternatif perawatan wajah.

Demikian sedikit kegunaan emas bagi kesehatan, beberapa diantaranya sudah digunakan saat jaman mesir kuno. Pada perkembangan di masa depan sangat mungkin emas akan menjadi partikel yang sangat dianjurkan untuk kesehatan.