Terapkan 4 Hal Kecil Ini Pada Anak, Dampaknya Sangat Besar!

13

Anak merupakan cerminan dari kepribadian orang tua dan bagaimana si anak diajarkan bersikap dengan pola asuh ala orang tuanya. Perihal sekecil apapun, jika orang tua mampu mengajarkan dengan baik maka kebiasaan kecil tersebut akan terbawa sampai dia besar nanti. Namun, terkadang orang lupa suka menyepelekan beberapa hal kecil. Mungkin bagi orang tua hal tersebut tak ada pengaruhnya, akan tetapi ketika anak tumbuh dewasa pengaruhnya sangat besar di dalam kehidupannya. Kira-kira hal kecil apa sih yang kadang dilupakan orang tua? Berikut jawabannya:

  • Katakan ‘Tolong’

Beberapa orang tua ketika meminta bantuan kepada orang lain untuk mengambilkan sesuatu, tentunya langsung mengatakan keinginannya tersebut. Misalnya ‘ambilin ember dong yang di belakang’, nah kalimat seperti ini sangatlah kurang baik. Kenapa? Karena kita membutuhkan bantuan orang lain tapi kita seperti memerintahkan atau menyuruh orang lain menuruti keinginan kita.

Lalu harusnya bagaimana? ‘tolong ambilkan ember yang di belakang ya’, kalimat ini lebih enak didengar dan lebih sopan ketika kita meminta bantuan kepada orang lain.

  • Ucapkan ‘Terima Kasih’

Ketika kita menyuruh si anak untuk mengambilkan sesuatu, kita sebagai orang tua lupa mengucapkan ‘terimakasih’ atas apa yang dia lakukan. Kita hanya membudayakan mengucapkan ‘terimakasih’ kepada orang lain saja. Nyatanya ucapan ‘terimakasih’ jika kita berikan kepada anak kita, dampaknya sangat besar lho. Mereka akan menganggap bahwa apa yang dilakukannya telah dihargai oleh orang lain.

  • Katakan ‘Maaf’

Orang tua juga harus menanamkan sikap yang baik dan sebenarnya mudah dilakukan yaitu memaafkan orang lain. Siapapun yang lebih dulu melakukan kesalahan, entah itu diri kita sendiri ataupun orang lain. Ada baiknya kita membiasakan diri kita atau anak kita untuk meminta maaf terlebih dahulu. Kalau kita masih membiasakan rasa egois dan mau menang sendiri, maka anak kita akan mencerminkan hal tersebut di dalam hidupnya.

  • Hindari Kata ‘Jangan’

Ketika anak ingin melakukan suatu hal yang membahayakan, ada baiknya orang tua mengatakan ‘lebih baik kakak melakukan hal ini……’, ‘dek, coba main disitu aja yuk’, dan masih banyak lagi.

Nah itu dia beberapa hal kecil yang kadang orang tua sepelekan. Kalau dilihat-lihat dan kita biasakan untuk dilakukan dampaknya sangat besar lho untuk kehidupan kita, orang lain, dan juga anak. Yuk mulai sekarang kita biasakan anak-anak kita untuk terus melakukan hal yang baik.