Terapkan 10 Cara Menabung Islami Ini Agar Hidupmu Berkah

347

Menabung merupakan suatu keharusan bagi kita untuk dapat menghadapi sesuatu yang terjadi secara mendadak dan tidak menyusahkan orang lain. Menabung memang memiliki banyak sekali tantangan, tapi dengan menabung kita bisa jadi mengirit pengeluaran dan menyimpannya untuk sesuatu yang bermanfaat dimasa depan.

Takaful Keluarga – WordPress.com

Didalam Al-Quran pun, Islam menganjurkan kita umatnya untuk menabung.

“Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu (pelit) dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya (boros) karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal.” QS Al Isra ayat 29. Agar menabung lebih berkah dan mudah, mari kita ikuti cara menabung Islami agar hidup kita semakin berkah.

1Mencari uang dengan cara yang halal

Mencari uang yang halal adalah kewajiban bagi umat Islam. Janganlah kita menggunakan cara cara yang sesat dan terkesan instan untuk mendapatkan kekayaan. Tidaklah berkah hidup kita dan keluarga kita apabila kita memakan duit haram. Meskipun harta yang kita miliki berlimpah, namun apabila uang tersebut merupakan uang haram maka celakalah kita.

2Tidak berlebihan dalam menggunakan uang

Islam tidak suka dengan perbuatan yang berlebihan apalagi dalam masalah uang. Menghambur hamburkan uang dan menggunakannya untuk sesuatu yang tidak bermanfaat merupakan perilaku setan.

3Bersedekah

Konsep matematika Tuhan dengan konsep matematika manusia pasti berbeda. Manusia berpikir apakah dengan memberikan uang kepada orang lain justru akan membuat uang kita berkurang. Namun, dengan kita bersedekah kita akan mendapatkan pahala dan pastinya Allah akan memberikan rezeki yang berliat ganda.

4Menyisihkan rezeki

Ketika kita mendapatkan rezeki, janganlah kita langsung menghabiskannya dalam waktu yang singkat. Kita harus pandai pandai menyisihkan rezeki kita untuk keperluan sehari hari dan keperluan mendadak dimasa depan. Dengan begini, kita lebih siap menghadapi apapun yang akan terjadi di masa depan.

5Jangan berhutang

Meskipun berhutang tidak dilarang dalam Islam, namun Islam tidak menganjurkan umatnya untuk membuat hutang apabila kondisinya tidak terlalu membutuhkan dan mendesak. Dan ketika kita berhutang kepada orang lain, maka niatkanlah dalam diri kita untuk membayar kewajiban kita tersebut.

6Tidak perhitungan terhadap orang tua

Kita bisa menjadi diri kita sekarang tidak lepas dari pengaruh dan bantuan orang tua kita, jangan pernah kita kikir dan perhitungan terhadap orang tua kita. Apabila mereka senang pastilah rezeki akan mengalir kepada kita.

7Bijaksana terhadap pengeluaran

Untuk dapat menabung, kita harus bijak terhadap uang yang akan kita keluarkan setiap bulannya. Kita harus pandai pandai membagi pemasukan kita untuk pengeluaraan rumah tangga, sedekah dan menabung.

8Berbelanja dengan strategi

Apabila kita jeli sebenarnya akan banyak sekali potongan potongan harga yang diberikan diberbagai  supermarket. Kita harus pandai pandai dalam melakukan belanja bulanan agar bisa menghemat pengeluaraan.

9Mendahulukan kepentingan keluarga

Sebaiknya kita mencatat apa saja yang menjadi prioritas pengeluaran kita. Dengan mengetahui prioritas pengeluaran, kita bisa mengira-ngira pos pos apa saja yang harus kita kurangi untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

10Berhemat

Langkah menabung sesuai syariat Islam yang terakhir ialah dengan behemat. Seperti yang sudah diketahui, Islam sangat tidak menganjurkan umatnya untuk boros dan membuang buang uang. Kita harus bisa menahan hawa nafsu kita untuk berbelanja hal hal yang tidak penting.

Begitulah 10 langkah menabung sesuai syariat Islam, dengan mengikuti syariat Islam hidup kita akan lebih bahagia dan barokah.