Tangkap Ketua GOIB, Polisi Amankan Selebaran Aksi Demo

23

Jakarta, 17 Januari 2020 Seruan demo menolak pembangunan XXI berhasil digagalkan oleh polisi pada. Beberapa hari sebelumnya, masyarakat sempat digemparkan dengan selebaran ajakan demo di Pusat Grosir Cililitan (PGC). Aksi demo ini ternyata dikoordinasi oleh Andy M. Saleh yang memiliki posisi penting sebagai Ketua GOIB (Gerakan Ormas Islam Betawi).

Kombes Polisi Yusri yang menjabat sebagai Kepala Bidang Humas di Polisi Daerah Metro Jaya pun juga membenarkan hal tersebut. Pihaknya memang baru saja melakukan penangkapan terhadap Ketua GOIB di kediamannya. Dalam penangkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan 15 buah spanduk dan 12 rim selebaran yang siap diedarkan.

Berdasarkan hasil penelusuran diketahui kalau aksi demo akan digelar pada hari ini, Jumat (17/01/2020). Dengan penangkapan yang dilakukan, demo tentu saja gagal dilakukan. Tak terlihat tanda-tanda adanya pergerakan massa ke PGC untuk melakukan aksi demo hari ini.

Dari selebaran yang ditempelkan di beberapa tempat, ajakan demo memang terkesan rasis. Hal tersebut diketahui dengan jelas karena terdapat poster berisi penolakan pembangunan XXI dengan menyebutkan ras Cina. Tidak diketahui motif jelas dari aksi demo maupun penyebaran poster tersebut.

Pihak kepolisian hingga pada saat ini masih terus melakukan pemeriksaan serta penyelidikan terhadapm kasus ini. Ajakan melakukan aksi demo sendiri memang terkesan lugas dan sangat provokatif. Dalam poster tersebut dilengkapi dengan keterangan waktu akan diadakannya demo yakni pada Hari Jumat siang pada pukul 13.00 WIB.

Masih dari selebaran tersebut, ditemukan pula ajakan untuk mengusir Cina dari kawasan Cililitan. Tak ada yang tahu pasti apa yang melatarbelakangi ajakan tersebut. Satu hal yang pasti, seruan yang tertera cukup mencederai suasana damai di Jakarta. Penyebutan ras tertentu masih menjadi polemik tersendiri di masyarakat.

Penangkapan terhadap Andy sendiri dilakukan atas keresahan masyarakat. Sebelumnya, media sosial telah lebih dahulu diramaikan oleh potret selebaran yang ditempel di beberapa sudut ibukota.

Fenomena dari kejadian ini tentunya akan membuat para netizen menjadi bertanya-tanya tentang siapa dalang dibalik semua ini. Pihak berwajib masih enggan memberikan konfirmasi lebih lanjut terkait kasus ini. Saat ditemui wartawan pada Jumat (17/01/2020), Jerry Siagian (Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya) hanya mengkonfirmasi perihal penangkapan Ketua GOIB.

Jerry tak memberikan komentar lebih lanjut terkait kasus yang ditangani pihaknya. Sejauh ini, polisi masih mengulik keterangan dari Andy terkait penyebaran seruan itu sendiri. Apakah benar Andy yang melakukan penempelan atau tidak. Saat dilakukan penangkapan pun, Andy dengan sukarela menyerahkan seluruh poster dan selebaran yang telah dicetak untuk aksi demo.