Tanggapan Istana tentang Pesawat Sewaan ke KTT ASEAN

22

Jakarta, 29 Februari 2020 – Amerika Serikat telah melakukan penundaan terkait Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-US yang akan berlangsung pada bulan Maret 2020 di Las Vegas. Menanggapi hal ini, Istana Kepresidenan menyampaikan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk penyewaan pesawat keberangkatan Jokowi tak perlu dikembalikan lagi.

Jadwal Presiden Joko Widodo untuk berangkat ke Amerika Serikat untuk hadir di KTT  ASEAN-US direncanakan menggunakan pesawat sewaan dari Garuda Indonesia. Donny Gahral Adian selaku Tenaga Ahli Utama KSP menyebutkan bahwa sebenarnya mengenai uang sewaan pesawat tak perlu dipikirkan. Sebab pesawat ataupun maskapai tersebut ialah maskapai milik negara.

Pesawat yang sudah dipesan tersebut ialah pesawat tipe Boeing 777-300 ER milik Garuda Indonesia. Kontrak penyewaan pesawat Garuda tersebut tetap berlaku, hal ini sesuai yang disebutkan oleh Donny. Pesawat tersebut tetap bisa digunakan hingga jadwal pengganti pelaksanaan konferensi tingkat tinggi tersebut telah dipastikan.

Jadi, penyewaan Garuda tetap masih berlaku, tidak dibatalkan. Tetapi ditunda sampai ada kepastian tangal pengganti untuk melaksanakan konferensi tersebut. Pemerintah Indonesia pun menghormati keputusan Amerika Serikat atas keputusan ditundanya konferensi KTT ASEN-US. Sebenarnya penundaan ini berkaitan dengan penanganan kasus virus corona. Donny mengatakan kegiatan konferensi yang ditunda ini tak perlu dipermasalahkan.

Konferensi ini ialah pertemuan antara Amerika Serikat dengan pemipin negara Asia Tenggara. Presiden Jokowi ialah salah satu pemimpin negara yang ikut hadir dalam konferensi tersebut. Bahkan pihak istana pun sudah melakukan penyewaan pesawat Garuda Indonesia yang akan dipakai Jokowi berangkat ke Amerika Serikat.

Pramono Anung yang menjabat sebagai sekretaris Kabinet menyebutkan bahwa penyewaan pesawat tipe Boeing 777-300 ER dilakukan dalam rangka meningkatkan efisiensi waktu serta lebih hemat pengeluaran biaya. Selain itu, ada alasan lain dibalik penyewaan pesawat tipe tersebut. Pramono menyebutkan karena pesawat milik Istana Kepresidenan Boeing Business Jet (BBJ) dengan tipe 737-800 yang tidak efisien untuk penerbangan jarak yang jauh.

Sehinga diputuskan menyewa pesawat Garuda tipe Boeing 777-300 ER untuk berangkat ke Las Vegas yang hanya memerlukan waktu sekitar 14 jam. Keuntungan lain mengguankan pesawat ini ialah Jokowi beserta rombongannya tidak perlu melakukan banyak transit, namun hanya satu kali transit saja.

Jadi, meskipun saat ini konferensi ASEAN telah ditunda berdasarkan keputusan Amerika serikat, penyewaan pesawat Garuda tersebut tetap masih berlaku dan tidak dibatalkan. Penyewaan yang tidak harus dibatalkan tersebut menjadikan Indonesia terhindar dari kerugian materi. Penundaan yang harus dilakukan tersebut nantinya akan tetap diikuti oleh Indonesia dan menggunakan transportasi pesawat Garuda.