Tanda Mobil Harus di Spooring

8


spooring mobil

Spooring maksudnya meluruskan atau mempresisikan kedudukan semua roda ke posisi awal sesuai penyetelan awal dari perusahaan mobil. Spooring ini terjadi saat menyetir mobil kemudian digunakan untuk belok terasa berat dan bergetar. Ada beberapa ciri mobil yang harus dispooring.

1. Mobil Tiba-Tiba Berjalan Miring

Spooring terjadi ketika mobil berjalan lurus dan tiba – tiba berjalan miring sendiri atau berbelok sendiri. Padahal kondisi setir dalam keadaan lurus. Atau bahkan bergerak tak beraturan padahal setir dalam keadaan lurus. Jika itu terjadi, gunakan secara pelan –pelan dan bawa ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.

2. Terasa Guncangan Saat Membelokkan

Mobil saat berbelok terasa seperti ada guncangan dikendaraan, padahal jalan datar, rata dan bagus. Ini juga merupakan tanda mobil butuh untuk dispooring. Kalau ini terjadi kurangi laju kendaraan di batas normal atau sekitar 30 sampai 40 km/jam untuk keamanan pengendara di dalamnya.

3. Pengikisan Alur Ban Tidak Sama

Motif  ban cepat terjadi pengikisan atau alur ban yang tidak sama atua berbeda. Bisa jadi satu bagian lebih tipis dan lainnya lebih tebal bis aitu disisi kanan atau kiri ban karena roda mobil berjalan miring sehingga tidak semua permukaan ban menapak di jalanan.

4. Roda Miring Saat Parkir

Jika saat markir di tempat datar kemudian roda mobil tidak semua menapak jalan bisa agak miring atau tidak lurus maka hal itu perlu dispooring. Ada baiknya cek dulu tekanan angin pada ban sehingga untuk lebih memastikan posisi ban.

5. Setir Bergetar Pada Kecepatan Tertentu

Setir biasanya bergetar dengan sendirinya saat mobil melaju diatas 80km/jam. Getaran setir ini biasanya terasa sampai kebelakang mobil dan disertai bunyi ban. Jika hal ini dibiarkan, maka ban mobil akan cepat gundul. Fatalnya ini bisa menyebabkan kecelakaan dijalan raya.

6. Roda Tidak Mengikuti Setir Mobil

Saat berkendara kemudian membelokkan setir, harusnya mobil juga ikut berbelok dengan mudah. Tapi jika mobil sulit berbelok dan lebih berat untuk membelokkan mobil, itu tanda bahwa mobil perlu di spooring. Kalau hal itu terjadi minta bantuan Derek untuk mengangkat mobil, karena jika dipaksa untuk berkendara di jalan raya hal itu akan membahayakan.

7. Setir Lebih Dominan Ke Kanan Atau Kiri

Kondisi setir yang lebih dominan ke kanan atau ke kiri juga merupakan tanda bahwa mobil perlu dispooring. saat setir mobil dalam keadaan lurus kemudian dilepas, mobil akan berbelok secara perlahan ke kanan atau ke kiri. Segera bawa mobil ke bengkel untuk dispooring.

8. Kemudi Terasa Berat

Salah satu cirri mobil yang butuh spooring adalah kondisi untuk digunakan menyetir terasa berat. Biasanya karena setir condong ntah itu ke kanan atau kiri. Yang paling parah yaitu setir tidak bisa digunakan untuk berputar ke posisi awal ketika dibelokkan atau setir terasa membelok sendiri meskipun jalanan sedang lurus.

9. Adanya Keausan Yang Tidak Wajar

Jika baru saja ganti ban mobil baru kemudian ban cepat haus atau gundul, ini juga tanda bahwa mobil perlu di spooring. Tidak hanya ban cepat gundul tapi adanya benjolan atau menggelembung.

10. Posisi Ban Depan dan Belakang Tidak Lurus

Saat mobil berhenti, coba perhatikan posisi ban depan dan belakang. Pastikan apa sejajar atau lurus atau malah sebaliknya. Lihatlah dengan jarak sekitar 2 meter. Jika ingin tahu lebih presisi atau tidak bis digunakan tongkat yang panjang dan lurus yang bisa menyentuh ban depan dan belakang.

Rawatlah kondidsi mobil anda, dan selalu cek kondisi mobil anda. Karena mobil anda yang akan menenemani anda dalam beraktivitas sehari – hari. Buatlah senyaman dan seaman mungkin. Dan pastikan mobil dalam keadaan baik.