Tanamkan Budaya Membaca Melalui Keluarga

18

Akhir-akhir ini, budaya membaca terlebih lagi membaca buku sudah semakin ditinggalkan, dianggap kuno, terbelakang dan tidak lagi dianggap sebagai kebutuhan dasar bagi generasi penerus bangsa. Ini dapat terlihat dari kurangnya minat anak muda untuk mengunjungi toko buku, taman baca, apalagi perpustakaan. Generasi muda hari ini lebih senang bermain game online, nongkrong di cafe dengan bualan kosong tanpa faedah atau menonton video melalui Youtube.

Hilangnya budaya membaca pada anak perlu untuk diwaspadai. Karena, hal itu akan dapat menjerumuskan mereka dalam kehinaan tanpa pengetahuan  di masa depan. Sebab tanpa membaca, mereka akan kehilangan arah dan pedoman serta menyebabkan dangkalnya wawasan yang mereka punya. Akibat jangka panjangnya, mereka akan tertinggal dan tidak mampu bersaing dengan orang lain bahkan dalam cakupan yang lebih luar, generasi penerus bangsa ini tidak mampu berkompetisi dengan bangsa lain.

Penanaman minat baca pada anak adalah penting. Karena, dengan membudayakan membaca dari kecil, anak akan menjadikan membaca sebagai kebutuhan. Dan, masalah yang dikhawatirkan di atas dapat teratasi. Penanaman minat membaca ini bisa dimulai melalui kegiatan membaca bersama anggota keluarga. Orang tua harus pro-aktif mengajak anak mereka membaca buku, contohnya, bisa dengan membaca bersama antara orang tua dan anak.

Jika Anda memiliki anak balita yang tentunya masih belum bisa membaca, bahkan berbicara pun mereka masih tertatih, Anda tetap bisa mulai menanamkan minat baca pada mereka dengan cara membacakan buku-buku cerita sambil merangkul mereka dalam pelukan Anda.

Ajaklah anak Anda yang baru mulai menginjak bangku sekolah, untuk sesekali weekend dengan mengunjungi toko buku. Ajaklah mereka berkeliling di lorong-lorong buku-buku yang sesuai dengan umurnya, biarkanlah mereka memilih buku yang menarik hati mereka.

Hal lain, saat melakukan piknik di sebuah taman, bawalah beberapa buku dan lakukanlah kegiatan membaca bersama. Ini akan lebih menarik dan menjadikan acara piknik Anda lebih berkualitas. Pada anak yang sudah menginjak remaja dan mulai memasuki masa dewasa awal, sesekali ajaklah mereka duduk bersama sambil mengobrol ringan. Kemudian tanyakanlah beberapa hal sambil bercanda dan diskusi singkat tentang pelajaran atau hal-hal yang mereka minati. Ini akan memotivasi anak Anda untuk mencari tahu informasi-informasi baru dan mulai melirik buku, serta tidak lagi takut saat harus membaca buku.

Dengan membiasakan membaca, anak akan menjadi lebih berwawasan dan akan lebih bijak dalam menyikapi persoalan dan akan membantu mereka terhindar dari berita-berita bohong atau hoaks yang banyak tersebar akhir-akhir ini.