Tak Hanya Instagram, Kini Google Maps Juga Memiliki Mode Gelap

7

Beberapa hari lalu, Instagram meluncurkan mode gelap pada aplikasinya. Jika biasanya kamu melihat tampilan layar putih sebagai background-nya, kini kamu dapat menikmati mode gelap yang dijamin tidak membuat mata silau.

Fitur mode gelap ini dapat dinikmati dalam pembaruan Instagram 114.0. Namun untuk mendapatkan pembaruan ini, ponsel kamu harus menggunakan iOS versi 13 atau Android 10. Jika sudah memiliki versi ini, maka kamu dapat mengaktifkan mode gelap pada Instagram.

Untuk mengaktifkan mode gelap pada Instagram, tidak diperlukan tombol khusus. Kamu cukup melakukan pengaturan tampilan saja. Untuk iOS 13, masuk ke menu Display & Darkness, kemudian pilih Dark. Sedangkan pada Android 10, masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih tampilan dan pilih mode malam. Jika sudah, maka tampilan layar ponsel kamu akan tampak gelap.

Secara otomatis, ketika masuk ke dalam akun Instagram-mu, maka tampilan mode gelap akan langsung muncul. Tampilan mode gelap di Instagram ini merupakan tanggapan dari banyaknya permintaan pengguna Instagram untuk memberikan tampilan gelap. Namun bagi kamu yang ingin mengembalikan ke tampilan semula, cukup kembalikan melalui pengaturan ponsel seperti biasanya.

Tak hanya Instagram, kini Google Maps juga akan meluncurkan mode gelap miliknya. Terlihat dalam sebuah video singkat yang memperlihatkan tampilan Google Maps dalam mode gelap. Meskipun belum diumumkan secara resmi, namun video singkat ini mendapat sambutan baik dari para pengguna.

Sebenarnya mode gelap bukan hal baru bagi Google Maps. Ketika cahaya sangat minim, Google Maps dapat mengubah tampilan layar menjadi gelap. Namun memang tidak sepenuhnya.

Ramainya aplikasi yang menggunakan mode gelap memang sedang menjadi tren belakangan ini. Mode gelap pada Instagram sendiri menjadi trending topik nomor satu di Indonesia dengan tagar #InstagramDarkMode.

Tampilan gelap memang memiliki banyak manfaat sehingga jumlah pengguna mode gelap semakin banyak. Salah satunya adalah kenyamanan pada mata. Mata tidak akan mudah lelah jika menggunakan mode gelap karena tidak terlalu silau saat melihat layar yang biasanya berwarna putih.

Selain itu, mode gelap juga sangat bersahabat dengan daya ponsel. Mode gelap tidak membutuhkan banyak daya sehingga baterai lebih tahan lama. Bagi kamu yang suka berselancar di dunia maya, manfaat yang satu ini sangat berguna, ya. Jadi, apa kamu sudah mencoba mode gelap pada akun media sosialmu? Semoga bermanfaat.