Tagar Keraton Agung Sejagat Jadi Trending Topik, Ada Apa?

21

14 Januari 2020, Tagar Keraton Agung Sejagat menjadi trending topik di jagat Twitter. Tak hanya di Twitter saja, ternyata di sosial media lainnya juga tengah membicarakan berita heboh yang satu ini. Nah kira-kira apa sih keraton agung sejagat itu? Siapakah pendirinya? Ini dia ulasannya.

Kabupaten Purworejo kini sedang digemparkan dengan sekelompok orang yang menamakan dirinya sebagai keraton agung sejagat. Dilansir dari beberapa media dan info dari masyarakat, bahwasanya kelompok ini telah menggelar acara wilujengan dan kirab budaya yang dilakukan mulai tanggal 10 Januari 2020 hingga 12 Januari 2020.

Saat ini para warga merasa resah dengan adanya kelompok ini, mereka mengklaim bahwa mereka merupakan kerajaan baru setelah 500 tahun berakhirnya kerajaan Majapahit. Anggota kelompok ini sekarang berjumlah kurang lebih 450 orang yang dipelopori oleh Totok Santosa Hadiningrat dan istrinya Dyah Gitarja.

Totok Santosa Hadiningrat mengatakan bahwasanya kelompok yang dipeloporinya itu, merupakan kekaisaran dunia yang muncul setelah berakhirnya perjanjian 500 tahun yang lalu. Keraton agung sejagat juga menjadi rangkai Mataram Agung yang dipercaya menjadi juru damai terhadap konflik-konflik yang sering terjadi di seluruh dunia.

Salah satu anggota dari keraton agung sejagat mengatakan bahwasanya, kelompok mereka bukanlah aliran sesat yang perlu dikhawatirkan oleh banyak masyarakat saat ini, karena mereka merupakan kelompok penerus dari medang Majapahit, Dinasti Sanjaya dan Syailendra.

Walaupun penjelasan tersebut sudah dipaparkan dan dijelaskan kepada masyarakat, tetap saja warga sekitar merasa tidak nyaman dan resah terhadap kelompok yang satu ini. Menurut warga, yang membuat masyarakat resah adalah keberadaan suatu kolam tertentu dan disakralkan oleh kelompok mereka. Selain itu, di dalam bangunannya terdapat batu prasasti bertuliskan aksara jawa.

Rencananya pihak kepolisian di Purworejo akan mendatangi kelompok tersebut, untuk mengetahui informasi lebih dalam tentang kelompok ini. Pihak kepolisian juga berupaya akan melakukan klarifikasi secara bersama-sana oleh masyarakat di daerah sekitar agar tidak timbul perpecahan.

Menurut wakapolres Purworejo kompol Andis Arfan Thofani, keberadaan keraton ini sudah diketahui oleh beberapa perangkat pemerintah, seperti camat, lurah, dan Bupati setempat.

Selain itu juga, kabar ini juga telah sampai kepada gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ia menilai perlunya pengkajian ilmiah tentang masalah ini, sehingga mendapatkan titik terang. Selain itu juga, ia berpesan kepada pemimpinnya agar tidak menjadi keresahan di lingkungan masyarakat setempat.

Nah jadi itu dia guys, keraton agung sejagat yang ramai dibicarakan para netter maupun warga di dunia nyata maupun dunia maya. Semoga segera jelas ya masalahnya dan semoga sesuai harapan gubernur Jawa Tengah.