Tadinya Dinyatakan Nihil, Ada WNI Positif Corona di Kapal Pesiar

25

Tokyo, 18 Februari 2020-Maraknya kabar akan mewabahnya virus corona membuat banyak warga negara Indonesia panik sekaligus khawatir. Kepanikan menyerang tak lain karena takut apalah virus mematikan ini sampai ke Indonesia atau tidak. Sedangkan kekhawatiran disebabkan oleh keluarga yang anggotanya saat itu berada di Wuhan atau di Cina. Termasuk juga di kapal pesiar yang berisi warga Cina dan di sekitarnya, beberapa kapal tersebut memiliki kru yang merupakan warga negara Indonesia.

Tadinya kapal Diamond Princess memiliki kru dari Indonesia yang semuanya dinyatakan bebas dari virus corona. Namun, rupanya berita kurang enak terdengar pada hari ini (Selasa, 18 Februari 2020). Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri Indonesia telah menyatakan bahwa sejumlah tiga warga negara Indonesia telah dinyatakan positif terkena virus corona. Hanya tiga orang warga negara Indonesia saja dari keseluruhan 78 awak kapal Diamond Princess yang terkena virus ini. Diketahui saat itu kapal Diamond Princess sedang berada di perairan Yokohama, negara Jepang saat dinyatakannya virus ini terkena.

Jumlah ini memang sedikit, sebab telah tercatat ada sebanyak 450 an orang di dalam kapal itu dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Meski sedikit, tetap saja kabar ini merupakan kabar buruk, terlebih bagi keluarga kru kapal tersebut.

Tak ketinggalan Retno juga menyampaikan kabar yang cukup melegakan akan hal ini. Retno menyatakan bahwa ketiga warga negara Indonesia yang positif terinfeksi ini dinyatakan stabil semua. Hanya saja baru dua orang yang saat ini sudah berada di rumah sakit, satu lainnya dikabarkan sedang perjalanan menuju rumah sakit. Kabar ini juga menunjukkan bahwa WNI yang menjadi korban virus corona telah ditangani dengan baik oleh pemerintah Jepang.

Berita akan terinfeksinya tiga warga negara Indonesia akan virus corona ini dikabarkan langsung oleh kedutaan besar Jepang kepada Menteri Luar Negeri Indonesia. Dinyatakan juga KBRI Tokyo akan terus memberitahu perkembangan kabar ketiga warga negara Indonesia yang terkena untuk mendapatkan perawatan se-intensif mungkin, sebab sejak diberikannya kabar terakhir belum ada kepastian rumah sakit mana yang digunakan untuk merawat mereka.

Terhitung per Selasa, 18 Februari 2020 telah tercatat ada sebanyak 1.873 orang yang meninggal dunia akibat virus corona. Jumlah ini sudah cukup banyak, mengingat telah tercatat pula ada sebanyak 73.325 orang yang dinyatakan positif terinfeksi corona. Kebanyakan korban yang sampai meninggal dunia ini berasal dari Cina, Taiwan, Jepang, Prancis, juga Hongkong. Sedangkan untuk jumlah orang yang sembuh, sudah mencapai angka 12.522 orang.