Swiss Open 2019: Ginting Lolos ke Babak 16 Besar Usai Kalahkan Tunggal Putra Asal Prancis

44

Perwakilan bulu tangkis sektor tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting memulai langkah perjuangannya di turnamen Swiss Open 2019 mulai Rabu, 13 Maret 2019 kemarin. Tunggal putra tersebut akhirnya berhasil menang setelah bekerja keras melawan wakil tunggal putra asal Prancis, Thomas Rouxel. Anthony Sinisuka Ginting berhasil mengalahkan Thomas Rouxel dalam straight game dengan perolehan skor 21-19 dan 21-14 dalam waktu 40 menit. Kemenangan ini mengantarkan Ginting ke babak 16 besar Swiss Open 2019.

Pada gim pertama, Ginting sempat dibuat kewalahan dengan perlawanan yang diberikan oleh Thomas Rouxel. Hingga interval gim pertama, Thomas masih memimpin skor dengan perolehan 11-9. Selanjutnya selepas interval, Ginting mulai mengerahkan kemampuan terbaiknya. Ia juga mulai membaca permainan lawan meskipun masih mendapatkan perlawanan yang cukup intens. Ginting mampu menyamakan kedudukan menjadi 16-16. Hingga mendekati angka-angka terakhir kedudukan keduanya sempat imbang selama tiga kali berturut-turut. Hingga akhirnya Ginting berhasil mengalahkan Thomas di gim pertama dengan skor tipis 21-19.

Dalam gim kedua Ginting terus mengendalikan permainan. Bahkan hingga interval ia unggul cukup jauh dengan skor 11-5. Hingga akhirnya Ginting kembali memimpin dan mengakhiri permainan dengan perolehan skor 21-14.

Giinting menyebutkan bahwa di awal gim pertama ia memang banyak melakukan kesalahan karena belum sepenuhnya fokus dalam permainan. Ia juga mengakui bahwa permainannya di beberapa turnamen akhir-akhir ini kurang memuaskan. Namun Ginting terus mencoba memperbaiki permainan, meningkatkan kemampuan non teknis dan mengevaluasi kesalahan-kesalahan yang pernah ia lakukan di turnamen-turnamen sebelumnya.

Kemenangan Anthony Sinisuka Ginting di babak pertama ini membuatnya lolos ke babak kedua nanti dimana ia akan melawan perwakilan dari Malaysia peringkat 23 dunia, Daren Liew. Karena keduanya belum pernah bertemu di lapangan, Ginting mengaku bahwa hal yang paling penting dilakukan adalah persiapan fikiran dan fokus ke dalam permainan.

Secara keseluruhan, Indonesia memiliki 10 amunisi untuk tampil di babak kedua. Pada hari Rabu kemarin, 8 dari 9 perwakilan Indonesia yang maju di babak pertama berhasil lolos. Sementara pada hari pertama dua pasang ganda campuran juga berhasil lolos ke babak selanjutnya. Wakil tunggal putra, Tommy Sugiarto menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang belum berhasil melaju ke babak kedua turnamen kategori BWF World Super 300 tersebut.