Surat Terbuka Anji Kepada Artis Yang Menjadi DPR, Apa Isinya?

9

Baru-baru ini penyanyi sekaligus musisi tanah air, Anji menuliskan surat terbuka yang ditujukan kepada para teman-teman artis yang kini bergabung menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Dalam suratnya tersebut, Anji memberikan pesan kepada teman-teman artisnya yang menjadi wakil rakyat dengan kalimat ‘Buat Kami Percaya’. Selain membuat surat terbuka, Anji juga menandai akun instagram temannya. Diantara artis yang ditandai Anji adalah Krisdayanti, Tommy Kurniawan, hingga Mulan Jameela.

Unggahannya tersebut, Anji memposting dirinya menggunakan pakaian serba hitam dengan topi dikepalanya dan tangannya memainkan gitar.

‘Dear Teman-teman Artis yang Menjadi Anggota Dewan’ tulisnya di @duniamanji tanggal 01 Oktober 2019 lalu.

Pelantun lagu ‘Dia’ ini mengatakan segala masalah yang baru-baru ini terjadi di tengah-tengah masyarakat, seperti aksi demo penolakan RKUHP hingga RUU KPK terjadi lantaran rakyat kurang merasa terwakilkan suara mereka (rakyat) selama ini.

‘Surat UNTUK ARTIS YANG JADI WAKIL RAKYAT’. Gejolak yang terjadi belakangan, kita tahu karena rakyat merasa kurang terwakilkan suaranya.

RKUHP, RUU KPK, Draft RUU Permusikkan dan berderet lainnya. Dianggap produk yang tidak mewakili, bahkan cenderung mengebiri. Dianggap bisa membuat tidak berdaya, hingga muncul mosi tidak percaya.

Saya sebagai salah seorang rakyat, tidak mengenal sosok ratusan orang lain yang dianggap wakil rakyat. Tapi saya mengenal sosok para artis. Sosok-sosok yang akan mewakili suara saya, keluarga saya, dan seluruh rakyat Indonesia untuk 5 tahun ke depan.

Tolong buat kami percaya. Dan membuat nama artis menjadi dipercaya, untuk menduduki posisi wakil rakyat Indonesia.

Laaaf, Anji Manji’

Selamat bertugas

Dari surat terbukanya tersebut, mantan vokalis Drive ini memposisikan dirinya sebagai rakyat dan mengatakan bahwa dirinya tidak mengenal ratusan wakil rakyat di kursi legislatif. Dirinya hanya mengenal DPR sebelumnya berprofesi menjadi artis. Begitu juga semua rakyat yang ada di seluruh Indonesia, mereka tidak menganggap anggota DPR sebagai wakil rakyat.

Mereka beranggapan bahwa mereka (artis) yang sering tampil di televisi. Untuk itu Anji meminta kepada teman-teman artisnya yang kini terpilih dan duduk di kursi DPR sebagai wakil rakyat untuk dapat menjaga kepercayaan para rakyat, dapat dipercaya memiliki kapabilitas, profesionalitas, dan hati nurani untuk mewakili suara rakyat.

Di penghujung surat, Anji memberikan ucapan ‘Selamat bertugas’ kepada teman artisnya untuk mengemban amanah dari rakyat dengan baik.

Namun, dibalik pesan Anji tersebut banyak warganet yang menyangka bahwa Anji gagal masuk dan menjadi bagian dari anggota DPR. Sebagian lagi berpendapat bahwa Anji akan mendaftarkam dirinya sebagai caleg di tahun yang akan datang.